IKIP-UNTB Resmi Merger Jadi Undikma

Ismail Marzuki
Ismail Marzuki.( ABDI ZAELANI/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Proses merger dua perguruan tinggi swasta yang bernaung di bawah yayasan Pembina IKIP Mataram, yaki IKIP Mataram dan UNTB, resmi menjadi satu dengan nama Universitas Pendidikan Mandalika (Undikma). Secara resmi keberadaan Undikma akan dilaunching pada Kamis (31/10). Bergabungnya dua PTS menjadi Universitas tersebut akan semakin memperkuat lembaga pendidikan tinggi tersebut.

Kepala Biro Humas Undikma Ismail Marzuki mengatakan sebagaimana keputusan perubahan bentuk menjadi Undikma tertuang dalam SK Kemenristekditi Nomor 953/KPT/I/2019, tanggal 10 Oktober 2019. Sebagai bentuk deklarasi dan sosialisasi ke masyarakat, maka  dilaksanakan launching penyatuan UNTB – IKIP Mataram dan perubahan bentuk menjadi Undikma.

“Unikma akan di launching secara resmi besok, Kamis (31/10),” kata Ismail Marzuki, Rabu (30/10).

Ismail mengatakan, bahwa launching dilaksanakan sebagai media pemantapan komitmen dan sosialisasi kepada masyarakat, bahwa telah berdiri sebuah perguruan tinggi swasta (PTS) bernama Undikma yang berada di bawah naungan Yayasan Pembina IKIP Mataram.

Sebagai media sosialisasi, maka panitia launching telah mengundang berbagai pihak seperti dari Dirjen Kelembagaan Kemenristekditi, Kepala LLDIKTI Wilayah VIII Denpasar, Gubernur NTB, Ketua DPRD NTB, anggota Forkopimda, kepala dinas provinsi dan kabupaten yang terkait dengan prodi yang ada di Undikma, kepala sekolah dan masyarakat di lingkungan kampus Undikma.

Undikma saat ini memiliki 20 program studi (Prodi) yang terdiri dari 12 program studi bawaan IKIP Mataram dan 8 program studi UNTB. Selain itu, juga sedang diupayakan agar semuanya kuliah di kampus jalan Pemuda Mataram (Kampus IKIP Mataram sebelumnya).

‘Kita berharap nanti semuanya akan kuliah di kampus jalan Pemuda Mataram,” katanya. (adi)