IAIN Mataram Buka Prodi Pariwisata Syariah

IAIN MATARAM

MATARAMBrand Lombok sebagai destinasi pariwisata halal di dunia kini kian moncer saja. Kunjungan wisatawan dari berbagai negara dunia, termasuk negara muslim, seperti Malaysia, Brunei Darussalam dan juga negara-negara di Timur Tengah semakin banyak. Bahkan, data Dinas Pariwisata Provinsi NTB melansir selama tahun 2016, wisatawan yang berkunjung ke Provinsi NTB lebih dari 3 juta orang wisatawan.

Terlebih lagi, Pariwisata  NTB  meraih tiga penghargaan   pada ajang World Halal Tourism Award 2016 di Abu Dhabi, Uni Arab Emirate (UEA). Dimana, Novotel Lombok Resort & Villas meraih penghargaan  World’s Best Halal Beach Resort.  Sembalun  meraih penghargaan World’s Best Halal Honeymoon Destination dan www.wonderfullomboksumbawa.com  meraih penghargaan  World’s Best Halal Tourism Website.

Penghargaan ini mengulang prestasi tahun 2015 lalu. Lombok dinobatkan sebagai World's Best Halal Honeymoon Destination dan World's Best Halal Tourism Destination dalam ajang The World Halal Travel Summit & Exhibition 2015 lalu.

Menjawab peluang yang begitu besar untuk di sektor pariwisata halal, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Mataram akan menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang handal untuk menyokong wisata halal Provinsi NTB. “Mulai tahun ajaran 2017/2018 ini, IAIN akan membuka program studi pariwisata syariah,” kata Rektor IAIN Mataram, Dr. H. Mutawalli, Kamis kemarin (12/1).

[postingan number=3 tag=”prodi”]

Ia mengatakan,izin untuk membuka program study Pariwisata Syariah sudah didapatkan langsung dari Kementerian Agama. Dengan demikian mulai tahun 2016 ini, IAIN Mataram akan mulai menerima mahasiswa baru.

Menurut Mutawalli,perkembangan pariwisata di Provinsi NTB belakangan ini memberi peluang besar terhadap peluang kerja bagi lulusan yang sesuai bidangnya. Terlebih lagi,Provinsi NTB saat ini fokus dalam pengembangan pariwisata halal yang menjadi ikon Lombok dan NTB pada umumnya dalam menggaet kunjungan wisatawan dari sejumlah negara mayoritas muslim di dunia.

Kesiapan SDM yang berkualitas dan handal, menjadi perhatian dari IAIN Mataram untuk ikut serta mendukung program Pemprov NTB dalam memajukan pariwisata syariah/halal. “IAIN Mataram akan mencetak tenaga handal di pariwisata syariah untuk mendukung program pemerintah dalam pengembangan wisata halal,’ tutupnya. (luk)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid