Hujan Deras, Jalan Batu kumbung Ambrol

JALAN : Kondisi jalan yang ambrol di dusun Repok Kenawe Desa Baru Kumbung Kecamatan Lingsar. (Fahmy/Radar Lombok)

GIRI MENANG – Jalan di Dusun Repok Kenawe Desa Batu Kumbung Kecamatan Lingsar ambrok sepanjang 10 meter. Hujan deras menyebabkan air sungai meluap dan menggerus bagian pinggir jalan.

Pantauan Radar Lombok di lokasi, badan jalan yang lebarnya sekitar 4 meter ini tersisa tinggal separuh. Jalan masih bisa dilewati oleh kendaraan roda dua. Fondasi jembatan terancam ikut ambrol jika hujan deras kembali turun dan debit air sungai semakin besar. Pemerintah Desa Batu Kumbung bersama Polri dan TNI turun melakukan pengecekan, Selasa (4/10).

Kepala Desa Batu Kumbung, H. Wira Adi Saputra, menjelaskan kejadian jalan ambrol itu pad pukul 15.00 Wita kemarin. “ Jalan ini longsor sejak kemarin,” paparnya.

Jalan desa ini adalah jalan yang menunju Dusun Repok Kenawe. Jalan ambrol akibat derasnya hujan sehingga debit air yang datang hulu  sangat keras.”Penyebabnya karena hujan yang deras, menyebabkan debit air sungai tinggi dan dengan arus yang keras,” tuturnya.

Baca Juga :  Hotel Terapung di Gili Mas Penuh

Ia berharap jalan ini segera diperbaiki. sebab katanya Wira, jalan inim erupakan akses utama menuju dusun Repok Kenawe. “ Kami berharap bisa segera diperbaiki. Karena ini jalan utama menuju Dusun Repok Kenawe,” harapnya.

Ada  sekitar 125 KK yang menghuni dusun ini dan kiniterisolir. Aktivitas mereka menjadi terganggu. Pihaknya berharap  Pemda bisa segera merespon kondisi tersebut supaya tidak semakin parah karena kondisi tanah yang labil. “ Kami berharap kepada Bapak Bupati. Karena kemarin kami sudah berkoordinasi dan menyampaikan laporan secara lisan kepada Asisten II dan Camat,” terangnya.

Baca Juga :  Lagi, Pol PP Tunda Ambil Alih STIE-AMM

Karena kondisi ini menyangkut keselamatan warga yang terpaksa harus tetap melintasi jalan itu, baik untuk sekolah mau pun mengais rizki. “Ini (jalan) belum satu tahun dikerjakan, tapi sepertinya dasarnya tidak begitu kuat. Disamping memang debit air yang kemarin begitu besar. Akhirnya ambrol dan sekarang juga sisi kiri dan kanannya sudah mulai retak,” ungkapnya.

Anggota DPRD Lobar, Hendra Harianto, meminta dinas terkait segera menindaklanjuti hal tersebut. Tak hanya Dinas PU, BPBD Lobar pun diminta turun tangan karena ambrolnya jalan tersebut akibat hujan yang turun begitu deras. “ Harus segera ada solusi dari Pemda. Jangan sampai menunggu adanya korban akibat akses yang rusak itu,” pintanya.(ami)

Komentar Anda