Hubkominfo NTB Join dengan IMI NTB Gelar Kejurnas Time Rally

Lalu Bayu Windya (ABDI ZAELANI/RADAR LOMBOK)

MATARAM–Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi  (Dishubkominfo) NTB berkejasama dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) NTB menggelar time rally. Kedua belah pihak kini mantap melaksanakan persiapan menghadapi Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Time Rally tersebut.

Kadishubkominfo NTB, Lalu Bayu Windya mengatakan, banyaknya angka kematian lalu lintas akibat berkendara, baik sepeda motor maupun mobil membuat pihaknya mengadakan sebuah agenda olahraga. "Kita harus mengangkat persoalan ini. Karena, angka kematian dari pengguna jalan sudah cukup tinggi dan berjumlah, 345 orang mati sia-sia," katanya kepada awak media, Rabu (19/10).

Dari angka kematian tersebut, jelasnya, 80 persen pengendara roda dua. Hal tersebut harus disikapi dengan cepat. "Kalau ada yang terkena busung lapar satu orang, ributnya sedunia. Nah, kalau mati 80-an orang tidak ada yang ribut, ini yang meninggal usia produktif semua," imbuhnya.

Lantaran itu, pihak Dishubominfo menyambut baik melalui Kejurnas Time Rally tersebut menggandeng IMI NTB sebagai sarana sosialisasi agar masyarakat NTB lebih hati-hati dalam berkendara. Pihaknya bekerjasama dengan IMI lantaran kegiatan ini adalah yang pertama kalinya diadakan di NTB.

Sejauh ini, peserta yang ikut sebanyak 450 orang. Masing-masing rinciannya yakni, peserta menggunakan mobil sebanyak 150 unit. Para peserta ini akan mengelilingi destinasi wisata yang ada di Lombok. Baik alam, wisata religi, kuliner dan wisata lainnya.

Dalam kejuaraan tersebut, tim juri didatangkan khusus dari Jakarta. Kejurnas rally tersebut sekitar 800 orang yang sudah datang.

Sementara itu, Ketua IMI NTB, Nurhaedin mengatakan, kegiatan ini akan dilaksanakan di Mataram tanggal 22-23 Oktober. Kegiatan tersebut juga sangat  didukung Pemprov NTB, DPRD NTB dan sudah diterima oleh Wagub NTB.

Adapun kelas-kelas yang dilombakan antara lain, kelas kejuaraan nasional dan kejuaraan provinsi. Kejuaraan provinsi diikuti oleh 15 provinsi se Indonesia dan sudah berdatangan Jumat mendatang.

Para peserta nantinya akan melewati rute sebagai berikut. Start dari Dinas Hubkominfo NTB kemudian finish di Hotel Lombok Garden dengan jarak tempuh 100 km. pemenang kejurnas ini adalah ketepatan waktu dari para peserta. Bukan kecepatan atau kelambatan, karena setiap mobil nantinya akan diisi dengan GPS.

Total hadiahnya kegiatan ini uang tunai sebesar Rp 50 juta. Selain itu aka nada berbagai macam door prize lainnya serta tropy plus piagam. (cr-adi)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid