Hotel akan Dibangun di eks Bandara Selaparang

BAHAS PERSIAPAN : Wali Kota Mataram meminpin rapat tentang rencana kerjasama pemanfaatan eks Bandara Selaparang dengan PT Angkasa Pura I. (ALI MA’SHUM/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Pemkot Mataram menyambut terbuka rencana pemanfaatan lahan eks Bandara Selaparang, Rembiga oleh PT Angkasa Pura I. Salah satunya adalah menyiapkan pembangunan hotel di lahan eks Bandara Selaparang. Rencana ini dinilai positif oleh Pemkot Mataram. ‘’PT Angkasa Pura sudah menyampaikan secara detail tentang berkaitan dengan pemanfaatan lahan di sana. Bahkan di ujung landasan akan dipersiapkan hotel segala macam. Tapi itu tentunya ranahnya Angkasa Pura. Dia akan bekerj asama dengan swasta ya tentu silakan saja itu haknya,’’ ujar Wali Kota Mataram, H Mohan Roliskana.

Wali Kota dan pejabat lingkup Kota Mataram sudah melihat rancangan pemanfaatan eks Bandara Selaparang. Rancangannya membuat Kota Mataram cukup yakin eks Bandara Selaparang nantinya bisa memberikan nilai lebih. Sehingga rencana yang dipersiapkan isa tercapai. ‘’Kemudian juga secara visual kawasan itu bisa lebih baik,’’ terangnya.
Untuk pemanfaatan lahan eks Bandara Selaparang, PT Angkasa Puar I mengajak Pemkot Mataram bekerja sama. Tapi sebelum kerja sama diteken bersama PT Angkasa Pura, Kota Mataram saat ini tengah menyusun tim khusus untuk mempersiapkan pemanfaatan sekaligus klausul dan isi kerja sama yang akan ditandatangani. ‘’Kita persiapkan dulu segala sesuatunya untuk kerja sama dengan PT Angkasa Pura,’’ jelasnya.

Baca Juga :  Delapan Peserta Pansel Rebutan Dua Jabatan Kadis

Dalam kerja sama yang ditandatangani nanti, Kota Mataram berharap diberikan kesempatan untuk bisa menggunakan lahan bagian depan eks Bandara Selaparang. Lahan yang disebut Pemkot Mataram masih berada di dalam eks Bandara Selaparang akan dipersiapkan untuk kegiatan sektor ekonomi UMKM.

‘’Sekaligus juga nanti bisa menjadi ruang pameran atau bazar untuk produk-produk UMKM kita, itu yang kita sambut baik. Secara ekonomi, tentu nanti kawasan eks Bandara Selaparang bisa memberikan dampak bagi pendapatan daerah. Bisa dari parkir itu wilayah kita juga beberapa hal yang bisa kita bicarakan tentang produktivitas kawasan tersebut. Segera mungkin itu bisa direalisasikan karena Januari ini kita berharap bisa menandatangani MoU. Anggarannya sudah dipersiapkan oleh Dinas Pariwisata walaupun masih terbatas. Nanti di perubahan 2023 kita bisa intervensi untuk bangunan yang sudah permanen di situ,’’ pungkasnya.

Baca Juga :  Pengadilan Minta Sidang Tipiring Jukir Dipercepat

Direktur Operasi Angkasa Pura Property, Renny Soviahani saat pertemuan dengan pejabat Kota Mataram, Selasa (27/12) mengatakan, PT Angkasa Pura I selaku pengelola eks Bandara Selaparang berupaya untuk menghidupkan eks Bandara Selaparang. Salah satunya dengan merancang kawasan eks Bandara Selaparang sebagai pusat kegiatan meeting, incentive, convention, and exibition (MICE). “Kami berencana untuk menghidupkan eks Bandara Selaparang tersebut sebagai tempat gelaran event dan kegiatan MICE di masa mendatang,” katanya.

Selain itu, jalur pacu pesawat atau runway eks Bandara Selaparang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan drag race atau balap motor. Ini juga untuk menghindari kegiatan balap liar yang mengganggu kenyamanan dan keamanan di jalanan umum. ‘’Kami bermaksud untuk berkoordinasi dan meminta dukungan dari Pemkot Mataram untuk menghidupkan eks Bandara Selaparang,’’ terangnya. (gal)

Komentar Anda