Honda NTB Edukasi Cari Aman Berkendara Siswa SMAN 5 Mataram

HONDA RIDING
EDUKASI : Pose bersama tim safety riding Honda NTB bersama siswa dan guru SMAN 5 Mataram.

MATARAM – Astra Motor NTB aktif memberikan edukasi keselamatan berkendara kepada pelajar SMA di NTB. Kali ini giliran, SMAN 5 Mataram mendapatkan kesempatan dilatih cara aman berkendara dengan aman di jalan raya, Jumat (13/5). Sebanyak 70 siswa dan guru SMAN  5 Mataram diberikan tips –tips cara aman berkendara oleh instruktur safety riding Astra Motor NTB dan instruktur safety riding dari Astra Honda Motor (AHM) Jakarta, secara online dan offline.

Manager Marketing Astra Motor NTB Kresna Murti Dewanto mengatakan, tujuan dari edukasi ini tetap konsisten diberikan untuk pelajar di wilayah NTB, agar siswa dapat memahami pentingnya keselamatan berkendara, teknik dasar berkendara, dan mampu mengenali dan memprediksi bahaya. Berdasarkan data, sebesar 75% kendaraan yang terlibat pada lakalantas adalah sepeda motor dan 58% korban kecelakaan merupakan pengendara sepeda motor yang berusia 14-39 tahun.

BACA JUGA :  Honda NTB Gelar Edukasi Safety Riding untuk Pegawai Desa Semoyang

“Maka dari itu, Astra Motor konsisten mengkampanyekan #Cari_aman diberbagai kesempatan,” kata Kresna Murti.

Faktor manusia menjadi penyebab utama dari lakalantas yang kerap terjadi. Diantaranya kurangnya pengetahuan akan bahaya yang dapat terjadi di jalan raya, teknik berkendara yang salah, kesehatan pengendara, emosi pengendara, dan etika. Teknik, dalam berkendara penting untuk mengetahui dan menguasai teknik-teknik dasar dalam berkendara seperti teknik pengereman, menikung dan lainnya.

BACA JUGA :  Tips Berkendara Aman dan Nyaman Saat Puasa Ramadan

Kesehatan, sangat penting dalam berkendar kita dalam kondisi prima, dikarenakan dalam berkendara kita membutuhkan konsentrasi dan kontorl maksimal , bila berkendara dalam kondisi mengantuk, pengaruh alkohol, maka konsentrasi akan menurun dan itu bisa berpotensi kecelakaan. Faktor emosi, terbagi menjadi dua, negatif dan positif.

Wakasek Bidang Kesiswaan SMAN 5 Mataram Joko Susanto menyambut positif atas konsistensi Astra Motor NTB dalam upaya memberikan edukasi keselamatan berkendara yang baik dan benar untuk siswa.

“Terima kasih Honda, sudah sering berkunjung ke sekolah kami dan menanamkan ilmu berkendara yang benar,” kata Joko. (luk)