Honda NTB Edukasi Cari Aman Berkendara Siswa SMAK Tunas Daud

smak tunas daud
EDUKASI : Siswa SMA Kristen Tunas Daud Mataram saat mengikuti edukasi safety riding atau keselamatan berkendara dari instruktur safety riding Astra Motor NTB, Rabu (12/1).

MATARAM – Kegiatan edukasi keselamatan berkendara pada tahun 2022 kembali konsisten digelar kembali. Acara ini dilakukan secara hybrid yaitu offline dan ada juga sesi onlinenya. Pada Rabu (12/1) tim Safety Riding Astra Motor NTB berkesempatan memberikan edukasi keselamatan berkendara kepada siswa SMA Kristen Tunas Daud Mataram. Acara dilangsungkan dari Aula sekolah dan semua partisipan, baik panitia, siswa didik dan guru pendamping telah menerapkan protokol kesehatan yang baik dan benar.

Adapun tujuan dari diselenggarakannya edukasi ini, yaitu untuk memberikan pengetahuan atau merefresh kembali wawasan tentang safety riding kepada siswa SMA agar lebih peduli saat mereka berkendara di jalan raya. Kegiatan edukasi dimulai dengan kegiatan harian SMA Kristen Tunas Daud Mataram, yaitu berdoa bersama pukul 08:00 Wita selama 30 menit. Kemudian dilanjutkan dengan perkenalan dengan pembahasan 5 riding gear yang wajib digunakan saat berkendara, baik jarak jauh maupun jarak dekat. Tak lupa perkenalan singkat tentang slogan #Cari_Aman.

BACA JUGA :  Honda NTB Gelar Edukasi Safety Riding untuk Pegawai Desa Semoyang

Instruktur Safety Riding Astra Motor NTB Satria Wiman Jaya mengatakan slogan #Cari_Aman ini sudah sering di lihat oleh siswa SMAK Tunas Daud, dikarenakan di sekolah mereka sudah terpasang branding #Cari_Aman di lapangan basket sekolah.

“Helm, jaket, Sarung tangan, celana panjang, dan sepatu merupakan 5 hal penting yang harus digunakan agar kalian tetap selalu aman apabila ada sesuatu hal yang tak diinginkan terjadi. Untuk mencegah penyebaran Covid-19 jangan lupa pakai masker juga ya saat berkendara,” jelas Satria Wiman Jaya.

Sebelum masuk pada sesi materi, sebelumnya siswa diberikan quiz pre-test untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa tentang keselamatan berkendara selama 5 menit yang berisi 15 pertanyaan seputar keselamatan berkendara.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan perkenalan pemateri dari Deni Surahman atau yang akrab disapa Densu. Ia merupakan Safety Riding Instruktur PT AHM Jakarta yang sudah tersertifikasi oleh AHM untuk type Sport, Big Bike, Offroad dan Honda Jepang (Sport & Bigbike). Materi diberikan secara online melalui zoom.

BACA JUGA :  Ibu –Ibu PKK Dilatih Cari Aman Berkendara

Materi yang di berikan oleh Densu meliputi 3 topik secara umum yaitu Awarreness, Basic Skill & Cari_Aman. Pemberian materi berjalan dengan sangat seru, hingga tak terasa waktu selama 2 jam berlalu dengan cepat. Para siswa pun memberikan respon positif dengan keaktifan mereka bertanya saat sesi QnA. Mereka juga bertukar pengalaman dan saran saat berkendara di jalan umum. Setelah itu dilanjutkan dengan closing dan pamit oleh pemateri.

“Pada sesi terakhir diberikan post-test dengan hadiah 3 buah apparel kepada siswa dengan peringkat teratas di post-test,” sambung Satria.

Sementara itu, Kepala SMA Kristen Tunas Daud Fransisco menyampaikan terima kasih kepada Honda yang secara rutin tetap memberikan sumbangsih ilmu mengenai keselamatan berkendara yang baik dan benar untuk siswa.

“Kami berharap edukasi keselamatan berkendara ini bisa dilakukan secara rutin seperti tahun-tahun sebelumnya yang sudah diadakan,” tutup Fransisco. (luk)