Honda Genio Dilengkapi dengan Fitur fitur Unggulan

Honda Genio
HONDA GENIO : Tampilan Honda Genio bersama Sales Counter di salah satu dealer sepeda motor Honda di Kota Mataram.

MATARAM – Sepeda motor kini telah menjadi salah satu alat transportasi dengan jumlah peminat terbanyak di Indonesia. Berbagai kalangan tua, muda, laki-laki, perempuan banyak yang memilih sepeda motor sebagai saran bepergian. Tak ayal, hal ini membuat semakin banyak bermunculan varian motor dengan berbagai spesifikasi.

Pada pertengahan 2019 lalu, PT. Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan salah satu produk unggulan terbarunya yaitu Honda Genio. Sasaran utama dari motor ini adalah kalangan muda. Skuter matik ini didesain sesuai dengan gaya retro kasual yang sesuai untuk konsumen tersebut.

Marketing Sub Dept Head Astra Motor NTB  Kresna Murti Dewanto mengatakan Honda Genio ini berada di antara Honda Beat dan Scoopy. Tersedia dua tipe dari keluaran Honda terbaru ini, yaitu tipe CBS dan tipe CBS-ISS. Harga yang dibanderol untuk tipe CBS adalah Rp 18,7 juta.

“Sedangkan untuk tipe CBS-ISS dipasarkan dengan harga Rp 19,1 juta di daerah Pulau Lombok,” sebut Kresna.

Berikut ini ulasan tentang fitur-fitur unggulan dari Honda Genio, diantaranya Lampu Depan LED. Honda Genio telah menggunakan LED sebagai lampu depannya. Walaupun lampu sein dan lampu belakang masih menggunakan bohlam. Penggunaan LED sebagai lampu depan ini membuat lampu lebih awet, cahaya yang dihasilkan lebih terang dan cenderung lebih stabil.

Selanjutnya, Indikator digital. Bagian yang menyimpan informasi kecepatan, status BBM serta jauh jarak yang sudah ditempuh dituliskan dengan menggunakan indikator digital. Layarnya berbentuk bulat disertai informasi yang akurat karena bentuk digitalnya ini.

Kemudian,  Sasis eSAF. Skuter matik honda kini menerapkan sistem yang baru yaitu eSAF (enhanced smart architecture frame). Rangka eSAF ini sebelumnya pernah dipakai pada Honda All New Beat atau Honda Beat generasi kelima. Rangka bentuk ini memungkinkan bagasi yang cukup luas. Kapasitas bagasi yang diberikan yaitu sebesar 14 L serta ruang untuk BBM sebesar 4,2 L.

Di dalam bagasi ini terdapat fitur tambahan yang cocok dengan generasi kekinian yang tak lepas dari gadget. Terdapat soket pengisian daya dalam bagasi jok ini. Walau sempat terjadi perdebatan dan kekhawatiran akan posisi pengisian daya di bawah jok yang cenderung panas ini, Honda mengklaim bahwa telah dilakukan tes internal akan letak pengisian daya tersebut dan hadilnya tidak muncul hal-hal yang dikhawatirkan tersebut. Honda memastikan bahwa posisi tersebut aman sekaligus bisa melindungi gawai dari terik matahari maupun hujan.

Selain itu, Keamanan. Honda Genio ini dilengkapi dengan fitur keamanan secure key shutter. Adapun untuk membuka jok juga menggunakan tombol yang terletak di sebelah kunci ini. Sistem pengereman yang digunakan yaitu Combi Brake System (CBS). Dilengkapi juga dengan adanya Brake lock dan side stand switch.

Kemudian untuk Mesin. Mesin eSP generasi baru berkubikasi 109,5 cc SOHC dengan bore x stroke 47 mm x 63,1 mm digunakan untuk menunjang performa Honda Genio. Secara teori, karakter motor ini termasuk overstroke. Mesin mampu melakukan kompresi cukup tinggi yaitu 10:1. Sehingga dinilai mampu memproduksi 8,8 tk pada 7.500 rpm, dan torsi 9,3 Nm pada 5.500 rpm.

Kapasitas oli Genio sendiri ialah 0,65 liter. Sistem pengapian yang dimiliki yaitu full transisterized. Desain V-Belt telah menggunakan tipe W-Cog. Sehingga suara CVT lebih hening karena berkurangnya gesekan antara sabuk dan puli.

Sementara itu, Desain.  Sekilas pandang, memang Honda Genio ini mirip dengan honda Scoopy. Banyak yang menyebut Genio sebagai “adik” dari Scoopy. Terlihat dari bentuk lampu depan dan fasia belakang yang mirip dengan Scoopy. Demi mencuri hati para milenial, selain dilengkapi dengan fitur canggih ditambah juga dengan pilihan warna yang banyak.

“Terdapat 11 pilihan warna dari seluruh tipe Honda Genio. Di antaranya yaitu Fabulous Matte Black, Trendy Black, Trendy Black Red, Trendy White, Trendy White Blue, Trendy White Red, Smart Black, Smart Black Red, Smart Silver, Smart Red dan Smart White Blue,” tutup Kresna. (luk)

BACA JUGA :  Download Motorku X, Raih Kesempatan Menangkan Honda Genio
Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Berita sebelumyaSabu 14,9 Gram Diamankan
Berita berikutnyaPolisi Agendakan Panggil Kepala SDN 19 Cakranegara