Hiu Tutul Raksasa Nyangkut di Jaring Nelayan

NYANGKUT : Ikan Hiu Tutul Raksasa yang ditemukan tersangkut di jaring ikan nelayan kemarin. (Ist for Radar Lombok)

SELONG – Nelayan asal Dusun Lungkak Desa Ketapang Raya Kecamatan Keruak dikejutkan dengan adanya hiu tutul raksasa yang nyangkut di jaringnya saat sedang menangkap ikan di perairan Labuhan Haji, Rabu (16/7). Dibantu teman-temannya, nelayan ini kemudian membawa Hiu tersebut ke Pantai Ketapang untuk dilepaskan dari jaring.

Kepala Desa Ketapang Raya, Zulkifli, membenarkan terkait penemuan Hiu tersebut. Kata dia, nelayan menemukan ada ikan besar yang  tersangkut di jaring. Para nelayan sempat berupaya untuk melepas ikan tersebut dari perangkap jaring, namun karena tidak berhasil nelayan pun akhirnya membawanya ke pinggir.” Baru pertama kali nelayan temukan ikan hiu jenis ini tersangkut di jaring dalam kondisi hidup. Sebelumnya pernah juga tapi ditemukan dalam kondisi sudah mati,” ungkapnya kemarin.

BACA JUGA :  Sekolah Swasta Tagih Janji Insentif

Ikan tersebut diperkirakan memiliki berat sekitar satu ton dengan panjang 6 meter lebih dan lebar sekitar 1,5 meter. Penemuan ikan ini langsung dilaporkan ke pihak terkait yaitu petugas KKP, Polair dan Polsek Keruak. Petugas ke lokasi untuk mengevakuasi dan melepas ikan tersebut dari perangkap jaring.”Ikannya sudah berhasil dikeluarkan dari jaring. Selanjutnya dilepas kembali ke laut,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Kejaksaan Tetap Tunggu Hasil Audit Proyek Kolam Labuh Labuhan Haji

Selain itu kejadian ini juga menyebabkan nelayan mengalami kerugian disebabkan karena jaringnya rusak. Pihaknya KKP telah menyatakan kesiapan untuk mengganti jaring nelayan yang rusak itu.

Kapolsek Keruak, IPDA Nurlana, juga membenarkan soal penemuan ikan Hiu tersebut . Namun proses evakuasinya sepenuhnya ditangani oleh pihak KKP dan Polair Polres Lotim. (lie)