Hilal Tak Terlihat di Pantai Loang Baloq, Awal Ramadan Tunggu Sidang Isbat

Hilal tak dapat terlihat pada pemantauan BMKG Stasiun Geofisika Mataram bersama Kemenang di Pantai Loang Baloq, Ampenan, Mataram Senin sore (12/4/2021). (IST/RADAR LOMBOK)

MATARAM–Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Mataram bersama Kementerian Agama NTB melakukan pemantauan hilal di Pantai Loang Baloq, Ampenan, Mataram pada pukul 18.14 WITA sampai 18.31 WITA, Senin (12/4/2021). Hasilnya, hilal tak terlihat.

Hal tersebut disampaikan Kepala Stasiun Geofisika Mataram Ardhianto Septiadhi, S.Si. “Berdasarkan hasil pantauan hilal di Pantai Loang Baloq Mataram dilaporkan hilal tidak terlihat,” ucapnya usai melakukan pantauan.

BACA JUGA :  Penerbangan Komersil Bandara Lombok Tutup 6-17 Mei, Penerbangan Khusus Tetap Buka

Hilal tidak terlihat karena ketinggian hilal masih rendah dan waktu pengamatan selama 17 menit masih terkendala karena sinar matahari masih berpengaruh. “Secara cuaca cerah namun masih ada awan rendah,” jelasnya.

BACA JUGA :  Begangsingan Masih Lestari di Desa Bengkel Lombok Barat

Untuk itu, sambungnya, penentuan awal puasa akan ditentukan lewat sidang isbat yang dilakukan Kementerian Agaram RI pada pukul 20.00 WITA. “Untuk penentuan awal bulan Ramadan akan diputuskan melalui sidang isbat Kementerian Agama,” sambungnya. (sal)