Herwanto Pertimbangkan Maju di Pilkada Lobar

ILUSTRASI PILKADA

MATARAM—Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Lombok Barat (Lobar) masih satu setengah tahun lagi. Namun sejumlah figur sudah menyatakan kesiapan maju berkontestasi.

Anggota DPRD NTB dari Partai Nasdem, Lalu Herwanto mengaku, dirinya masih mempertimbangkan kemungkinan maju berlaga di Pilkada Lobar 2018. Aspirasi dan dukungan dari konstituen disebutnya sudah banyak diterima meminta dirinya maju di Pilkada Lobar.

"Semua masih saya pertimbangkan," ucap anggota DPRD NTB dapil Lobar-KLU itu, kepada Radar Lombok, Rabu kemarin (11/1).

Pilkada Lobar disebutnya masih relatif dilangsungkan satu tahun setengah. Dinamika politik pun akan berubah-ubah. Karena itu, ia masih terus mencermati dan menelaah dinamika politik yang berkembang serta tak akan terburu-buru memutuskan maju di kontestasi perebutan kursi Lobar 1 dan Lobar 2.

Menurutnya, ada banyak hal perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan maju bertarung di Pilkada Lobar. Pasalnya, keputusan maju berlaga di Pilkada Lobar harus hati-hati dan tidak boleh jadi ajang coba-coba.

"Ini adalah keputusan berat. Makanya semua harus kita lihat dan pertimbangkan," imbuhnya.

Ia berpendapat, menjadi kepala daerah dengan kompleksitas dan kerumitan persoalan dihadapi seperti Lobar tidaklah mudah dan gampang. Menjadi kepala daerah merupakan tanggung jawab dan amanah sangat besar.

"Saya tidak mau hanya coba-coba peruntungan," imbuhnya.

[postingan number=3 tag=”pilkada”]

Kendati begitu, ia menyampaikan apresiasi dan penghargaan terhadap adanya dukungan dan aspirasi dari sejumlah kelompok masyarakat di Lobar yang meminta kepada dirinya maju di Pilkada Lobar. Meskipun demikian, ia tak akan tergesa-gesa merespon hal tersebut. Pihaknya pun harus mendengar sarana dan pendapat dari keluarga, rekan dan Partai Nasdem sebagai parpol tempat bernaung.

Dikarenakan, konsekuensi dari keputusan maju berlaga di Pilkada Lobar tentu tidak kecil. Misalnya, dari sisi finansial, tenaga, waktu, pikiran dan sumber daya lainnya. Sehingga keputusan maju di Pilkada Lobar akan dipertimbangkan secara jernih.

"Andai maju di Pilkada Lobar, bukan karena nafsu atau mengejar jabatan. Tetapi semua harus dari rasa keterpanggilan bagi daerah," terangnya.

Sementara itu, Ketua DPW Partai Nasdem NTB, Muhammad Amin mengatakan, Partai Nasdem akan memberikan prioritas kepada kader terbaik didukung dan diusung di Pilkada kabupaten kota. Asalkan, kader tersebut memikili kans atau peluang menang di Pilkada. Misalnya, dari sisi elektabilitas, kapasitas, modal sosial dan modal politik.

Karena itu, keputusan mencalonkan kader di Pilkada kabupaten kota sudah diatur dalam mekanisme di internal Partai Nasdem. "Kita kembalikan lagi kepada aturan internal," pungkas Wakil Gubernur NTB itu. (yan)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid