Hebat! Hafiz Asal NTB Ini Harumkan Nama Indonesia di Amerika

Lalu Muhammad Khairurrazaq Al-Hafiz dan Jihan Afifah berfoto dengan Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin (tengah) usai memenangkan kejuaraan di Amerika, Minggu (19/6/2022).(dok kemenag)

AMERIKA SERIKAT – Lalu Muhammad Khairurrazaq Al-Hafiz asal hafiz asal Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) berhasil mengharumkan nama Indonesia pada ajang The American International Tibyan Competition for the Quran and Its Recitations, Minggu (19/6/2022).

Khairurrazaq Al-Hafiz yang dipilih juri sebagai Peserta Suara Terbaik dan didaulat tampil di acara penutupan. Satu hafiz asal Indonesia, Jihan Afifah yang berhasil menyabet juara 2 dalam lomba hafalan 30 juz.

Dalam ajang yang digelar di Diyanet Center of America di Maryland Jihan harus puas di posisi kedua, meski selisih poinnya sangat kecil dari juara pertama hafizah asal Mesir. Di kategori putra, juara pertama diraih hafiz tuan rumah Amerika Serikat.

BACA JUGA :  Terapkan Full Day School, 105 Hafiz Diwisuda

Kegiatan ini diikuti peserta dari dari 22 negara, di antaranya dari Palestina, Libya, Australia, Inggris, Tunisia, Libanon, Norwegia, Prancis, Kenya, Afghanistan, dan lainnya. Suasana pengumuman lomba sangat meriah. Sejumlah diaspora Indonesia turut hadir menjadi supporter. “Kami sangat senang wakil Indonesia meraih juara di ajang internasional ini. Saya sangat bangga!,” ujar Indra, diaspora Indonesia di KBRI Washington DC yang menyaksikan langsung pengumuman dan refleks melompat saat nama Jihan diumumkan sebagai juara dikutip dari www.kemenag.go.id.

BACA JUGA :  Naja, Siswa Inklusi yang Hafal Alquran 30 Juz

Sementara itu, Syeikh Hasan, salah satu juri lomba, mengumumkan Khairurrazaq sebagai Peserta Suara Terbaik dan memanggil ke panggung untuk melantunkan hafalannya di puncak acara. Decak kagum penonton menggema di ruangan, ajakan berswafoto pun tak terelakkan.

Indonesia patut berbangga, wakil-wakilnya mengharumkan nama negara di pentas MTQ dunia ini. “Selamat dan terima kasih untuk kalian berdua,” ucap Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama, Kamaruddin Amin yang hadir memberikan sambutan di acara penutupan. (rl/kemenag)