HBK Tertinggi, Syamsul Luthfi Jadi Juru Kunci

HBK Tertinggi, Syamsul Luthfi Jadi Juru Kunci
TUNTAS : KPU NTB menuntaskan rapat pleno rekapitulasi suara untuk DPR RI Dapil Pulau Lombok. Dua daerah yaitu Kota Mataram dan Lombok Tengah menjadi yang terakhir yang disahkan. (Ahmad Yani/Radar Lombok)

MATARAM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTB menuntaskan pleno rekapitulasi suara untuk 10 kabupaten/kota se NTB, Minggu (12/5). Kota Mataram dan Lombok Tengah menjadi dua daerah yang paling terakhir dituntaskan untuk raihan suara DPR RI dapil Pulau Lombok.

Berdasarkan rekap pleno KPU NTB yang dihimpun Radar Lombok, untuk Dapil NTB 2 Pulau Lombok dipastikan delapan partai politik mengirim kader terbaik ke DPR RI. Ada delapan kursi untuk Dapil Pulau Lombok. Partai Gerindra menempati peringkat pertama raihan suara terbanyak mencapai 

322.054 dengan caleg terpilih Haji Bambang Kristiono (HBK). Ia mengantongi suara coblos nama sebanyak 91.068. Ia mengungguli pesaingnya di Gerindra yang merupakan petahan, Willgo Zainar. Setelah Gerindra, Golkar menyusul dengan suara 250.537. Caleg terpilih di Beringin adalah Sari Yuliati yang mengantongi 82.803 suara. Peringkat ketiga diamankan oleh  Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan suara partai 192.415. Caleg terpilih PKS adalah Suryadi Jaya Purnama. Mantan ketua DPW PKS NTB ini mengantongi suara pribadi mencapai 61.979.

Kursi keempat didapat Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan suara partai mencapai 158.612. Caleg PPP yang terpilih adalah Hj. Wartiah (56.710 suara). Kursi kelima milik PKB dengan suara partai mencapai 145.292. PKB diwakili oleh Ahmad Helmi Faisal Zaini (44.210 suara). Helmi saat ini menjadi Sekjend PBNU.

PDIP juga amankan kursi Senayan. Partai pimpinan Megawati Soekarno Putri ini meraih 137.932 suara dengan caleg terpilih Rahmat Hidayat. Ketua DPD PDIP NTB ini mengantongi suara internal 54.152. Di posisi ketujuh ada Partai Demokrat (136.131 suara). Calegnya yang melenggang ke Senayan adalah Nanang Samodra yang mengantongi 46.384 suara.

Posisi juru kunci milik Nasdem. Partai besutan Surya Paloh ini mengantongi 113.438 suara, dengan caleg terpilih Syamsul Lutfi yang mengantongi suara pribadi 44.467. Nasdem mengandaskan mimpi Partai Amanat Nasional (PAN) yang hanya mengantongi 110.486 suara.

Syamsul Luthfi menyampaikan terima kasih atas dukungan dan partisipasi masyarakat yang mendukungnya.” Tentu semua ini atas dukungan masyarakat ke Partai NasDem,” ungkap mantan Wakil Bupati Lombok Timur ini.

Sebagai caleg DPR RI peraih suara terbanyak, Haji Bambang Kristiono mengatakan ini adalah amanah sekaligus harapan masyarakat Pulau Lombok yang harus dijawab dengan kerja nyata. Baginya, capaian ini merupakan hasil usaha dan kerja keras timnya yang solid, juga karena mesin partai yang bagus. “Cita-cita luhur saya adalah, bukan hanya menjadi yang terbaik dalam perhelatan Pileg yang lalu, juga menjadi yang terbaik dalam memberikan manfaat, faedah dan keberuntungan bagi para pemilihnya setelah berada di gedung parlemen nanti,” pungkasnya.

Ketua KPU Provinsi NTB, Suhardi Soud, menegaskan penetapan kursi untuk DPR RI akan dilaksanakan oleh KPU RI. Namun, dengan sudah disahkan pleno di tingkat kabupaten/kota se-NTB, masyarakat sudah mengetahui caleg DPR RI yang terpilih.” Raihan kursi DPR RI nanti disahkan dan ditetapkan KPU RI,” jawabnya.

Sementara itu untuk kursi DPD RI Dapil NTB, nama-nama yang meraih kursi tidak berbeda dari data yang pernah dimuat Radar Lombok. Dari petahana yang ada, hanya Lalu Suhaimi Ismi yang terpilih kembali. Tiga nama lainnya terpental yakni Farouk Muhammad, Baiq Diyah Ratu Ganefi dan Robiatul Adawiyah.(yan)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid