Hattrick, Mandzukic Jadi Pahlawan

SUPER HERO: Mario mandzukic tampil menawan dengan mencetak tiga gol dan membawa Kroasia juara.

KROASIA–Timnas Kroasia menang setengah lusin gol tanpa balas ke gawang Kosovo. Mario Mandzukic menjadi pahlawan Vatreni usai mencetak hattrick.

Pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2018 Grup IZona Eropa di Loro Borici Stadium, Skhoder, dinihari, kemarin, Kroasia ung­gul secara statistik. Tuan rumah tercatat 59 persen melakukan penguasaan bola serta membuat 11 attempts, enam di antaranya mengarah ke gawang.

Sementara Kosovo punya delapan attempts dengan lima di antaranya mengarah ke gawang. Tapi Kroasia bermain efektir karena seluruh attempts on target berbuah gol.

Kroasia membuka pesta gol di menit keenam ketika umpan terobosan Ivan Rakitic diterus­kan Mandzukic dengan sepakan terukur ke pojok kiri gawang Kosovo.

Gol kedua Kroasia baru hadir di menit ke-18 ketika Mandzukic menanduk bola crossing Ivan Perisic dari sisi kiri. Bola bersarang di sisi kanan gawang. Gol ketiga Mandzuki mencetak hat­trick di menit ke-35. Skor ber­tahan 0-3 hingga turun minum.

Masuk di babak kedua Kroasia masih menjaga dominasi la­ga, tapi Kosovo beberapa kali mampu memberi tekanan lewat serangan balik.

Di menit ke-68 Matej Mitrovic menambah keunggulan Kroasia jadi 4-0. Dari sisi kiri, bola dikirimkan ke tiang jauh yang disambut sepakan jarak dekat Mitrovic.

Memasuki injury time Perisic juga mencatatkan namanya di papan skor. Gol pamungkas Kroasia dicetak Nikola Kalinic yang masuk sebagai pemain pengganti. Sepakan kaki kiri dari luar kotak penalti yang tak bisa digapai Samir Ujkani.

Hasil ini membawa Kroasia memuncaki klasemen dengan empat poin dari dua laga, semen­tara Kosovo di posisi terbawah dengan satu poin.

Masih dari Grup I, Islandia yang merupakan perempatfina­lis Piala Eropa menang secara dramatis dengan skor 3-2 atas Finlandia lewat dua gol di menit-menit akhir.

Islandia malah dalam posisi tertinggal dua kali di laga ini. Sempat kebobolan gol Teemu Pukki di menit ke-21, Islandia membalas lewat Kari Arnason di menit ke-37.

Robin Lod membawa Finlandia unggul lagi di menit ke-39. Islandia yang nyaris kalah malah menyamakan skor di menit ke-90 lewat gol Alfred Finnbogasson sebelum Ragnar Sigurdsson memastikan keme­nangan timnya di menit ke-93. Tiga poin ini membawa Islandia duduk di posisi kedua klasemen dengan empat poin.

Sementara itu Austria dan Wales harus puas berbagi poin dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2018. Wales yang sem­pat unggul dua kali diimbangi Austria dengan skor 2-2.

Dari pertandingan lainnya, Serbia meraih kemenangan meyakinkan atas Moldova den­gan skor 3-0.

Kemenangan juga dibukukan oleh Republik Irlandia yang menjamu Georgia. Gol tunggal kemenangan tuan rumah dicetak oleh Seamus Coleman di menit ke-55. Dengan hasil-hasil terse­but, Wales masih memimpin klasemen Grup D dengan em­pat poin dari dua laga. Wales kemudian berturut-turut diikuti Serbia, Austria, dan Republik Irlandia yang punya jumlah poin sama tapi kalah selisih gol. Hanya Moldova yang belum dapat poin dan ada di dasar klasemen. (rm)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid