Hasil Try Out Atlet Tarung Derajat Memuaskan

MATARAM—Tim Cabang Olahraga (Cabor) Tarung Derajat NTB yang baru saja melakoni try out di Kalimantan Barat, 19-23 Juli, kini telah kembali ke NTB, dan menyatakan kepuasannya karena menuai hasil yang cukup signifikan.

Pernyataan itu disampaikan Pelatih Tim Pelatda NTB, Abdul Khaer, dimana dari 10 atlet yang dikirim mengikuti try out, 7 atlet diantaranya mempunyai kans untuk tampil memuaskan pada Pekan Olahraga Nasional (PON), September mendatang.

Kang Khaer, panggilan akrabnya, bersama pelatih lain terus mengupayakan agar teknik dan kondisi atlet semakin bagus saat mereka tampil di PON. Berbagai program untuk meningkatkan daya tahan dan tendangan diberikan.

"Waktu efektif kita tinggal satu bulan setengah lagi. Semuanya harus ditingkatkan lebih bagus lagi agar maksimal. Yang penting sudah berikhtiar,’’ jelasnya, Selasa kemarin (26/7).

Secara garis besar sambungnya, penampilan atlet di try out menghadapi Kalbar sudah cukup memuaskan. “Memang kita akui ada tiga atlet mengalami penurunan, baik di teknik maupun di fisik. Sedangkan yang tujuh itu mengalamai peningkatan. Hasil ini bisa kita jadikan bahan evaluasi untuk benar-benar siap menghadapi PON nanti, dengan terus matangkan persiapan," tekadnya.

BACA JUGA :  Atlet Panjat Tebing NTB Dipanggil Pelatnas

Ditempat yang sama, pendamping Wibowo Budi Santoso mengatakan, dengan hasi 2 medali emas pada try out kemarin, tentu mempunyai harapan. “Kalau kita melihat hasil kemarin dapat dua medali emas, maka Cabor Tarung Derajat mempunyai harapan besar. Namun yang harus diwaspadai adalah masalah non teknis,’’ ucapnya tanpa menyebut masalah apa terkait non teknis tersebut.

Wibowo mengakui, PON nanti banyak faktor yang harus diwaspadai, karena Cabor Tarung Derajat, Tinju, Kempo dan Silat itu tidak terukur, sehingga apapun bisa terjadi. “Beda kalau Cabor terukur, kita sudah mengetahui yang bakal mendapatkan medali pada ajang PON nanti,” jelasnya. (cr-adi)