Hasil Seleksi Administrasi Pelamar CPNS Kota Mataram Molor

Hasil Seleksi Administrasi Pelamar CPNS Molor
VERIFIKASI: BKPSDM Kota Mataram masih melakukan verifikasi berkas CPNS, kemarin (22/10). (Ali/Radar Lombok)

MATARAM—Pengumuman hasil seleksi administrasi pelamar CPNS secara nasional sudah dimumkan. Namun tidak demikian halnya dengan di NTB, termasuk Kota Mataram. Pengumuman hasil seleksi administrasi tak kunjung dikeluarkan.

‘’Kita sudah sepakat pengumumannya diumumkan nanti pada hari Rabu (24/10). Semula pengumumannya tanggal 21 Oktober,’’ ujar Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Aparatur Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram, Ahmad Mujahidin, kemarin (22/10).

BACA JUGA: Hasil Seleksi Administratif CPNS, Ribuan Pelamar Dipastikan tidak Lolos

Saat ini, BKPSDM masih melakukan verifikasi lanjutan. Jumlah pelamar CPNS yang dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) belum bisa diumumkan. Namun dipastikannya lebih dari 300 pelamar CPNS di Kota Mataram Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

TMS itu dinyatakan dari beberapa penyebab, seperti kualifikasi pendidikan pelamar tidak sesuai. Kemudian adanya kesalahan pengisian jabatan serta ijazah yang tidak lengkap.

‘’Karena itu kesalahan fatal. Otomatis dinyatakan tidak memenuhi syarat. Nanti akan kita umumkan walaupun sudah 99,99 persen sudah kita verifikasi semua,’’ ungkapnya.

Sedangkan untuk pelaksanaan ujian seleksi0 dipastikannya tetap dengan rencana dan agenda semula. Yaitu dimulai pada tanggal 5 November mendatang. Namun untuk pelaksanaan ujian di masing-masing daerah terlebih dahulu menunggu jadwal pelaksanaan.

‘’Sesuai rapat Kemenpan RB tesnya tetap dimulai tanggal 5 November. Nanti kan yang seleksi dari kementerian itu dulu yang dilaksanakan. Baru menyusul untuk yang di daerah. Bisa jadi untuk yang Kota Mataram diatas tanggal 5 November,’’ katanya.

Pernyataan yang sama disampaikan oleh Kepala BKPSDM Kota Mataram, Baiq Nelly Kusumawati. Pengumuman pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dilakukan penundaan. Penundaan ini bukan hanya untuk Kota Mataram, melainkan NTB secara keseluruhan.

Penyebabnya didominasi oleh akreditasi pendidikan pelamar. ‘’Sudah disepakati tanggal 24 Oktober diumumkan secara serentak,’’ katanya.

Sedikit dibocorkannya dari verifikasi sementara yang sudah dilakukan. Dari 7.216 total pelamar CPNS yang mendaftar di Kota Mataram, 6.496 pelamar CPNS yang sudah dinyatakan MS. Sedangkan 326 pelamar CPNS yang masih diverifikasi lagi. Mereka akan memperebutkan 262 kouta PNS Kota Mataram.

BACA JUGA: Honorer K2 Lotim Minta Diangkat Jadi PNS

‘’Yang 326 itu kita pending dulu dan masih diverifikasi lagi. Nanti kita umumkan pada hari rabu,’’ ungkapnya.

Nelly memastikan, tidak ada perbedaan seleksi berkas antara pelamar dari luar daerah maupun lokal. Seluruh formasi PNS Kota Mataram dipastikannya sudah terisi atau ada peminatnya. ‘’Seluruh formasi itu terisi. Terbanyak peminatnya untuk tenaga kesehatan dan tenaga pendidikan. Dua formasi itu peminatnya mencapai ribuan,’’ pungkasnya.(gal)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut