Hasil Produksi tak Kalah dengan Sepatu Luar

SEPATU : Sapri salah satu perajin sepatu di Lingkungan Lendang Lekong (Sudir/Radar Lombok)

Lingkungan Lendang Lekong Kelurahan Turide Kecamatan Sandubaya adalah salah satu kampung kreatif di Kota Mataram. Sebagian warga di kampung ini merupakan perajin sepatu, mirip-mirip dengan kampung sepatu Cibaduyut di Jawa Barat.


SUDIRMAN-MATARAM


Masuk ke lingkungan ini, akan banyak dijumpai tukan sol sepatu. Mereka memiliki pangkalan sendiri-sendiri. Tidak hanya jadi tukang perbaiki sepatu, mereka juga bahkan bisa membuat sepatu dengan berbagai macam jenis dan bahan. Yang jadi tukang sol sepatu dari kampung ini setiap hari berkeliling mencari pelanggan.

Sebagian warga di sini punya keahlian membuat sepatu. Bahan sepatu bermacam-macam. Bahkan ada yang berbahan kulit. Keahlian mereka didapat secara turun-temurun.

[postingan number=3 tag=”features”]

Salah satu perajin sepatu, Sapri, menceritakan, ia juga mendesain sepatu di samping jadi tukang sol sepatu. “ Semua rata-rata bisa buat sepatu berbahan dasar kulit. Setiap pemesan memilih bentuk sepatu seperti milik artis maupun yang lagi terkenal lainnya,” katanya kemarin.

Sepatu berbahan kulit punya banyak peminat, tidak hanya dewasa, tetapi juga anak-anak. Kualitas produksi sepatu di sini dijaman tidak kalah dengan produksi sepatu dari daerah lain.

Ia berharap pemerintah daerah merespon kreativitas warga ini. Di banyak daerah luar, para perajin sepatu diberikan fasilitas tempat sebagai lokasi mereka membuat sepatu.

Perajin sepatu lainnya, Kaspurahmat, mengakui hasil kerajinan warga jarang dilirik pemerintah. Ia berharap pemerintah melirik potensi masyarakat ini sehingga dikembangkan industri sepatu dan Kota Mataram akan punya brand baru sebagai kota sepatu.(*)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid