Hasil Asesmen Rendah, Lima Kepala SKPD akan Dicopot

SELONG—Berdasarkan hasil asesmen yang telah dilakukan beberapa waktu lalu, terdapat sekitar delapan SKPD yang memiliki nilai rendah atau kurang dari rata-rata. Sehingga guna meningkatkan kualitas dan professional para pejabat SKPD, termasuk meningkatkan kinerja pemerintahan daerah maka tentu diperlukan pembenahan dan penyempurnaan. Terkait itu, panitia seleksi (Pansel) kini juga sedang melakukan proses administrasi berdasarkan pada hasil asesmen tersebut.

Hal itu dikatakan Sekda Lotim, H. Rahman Parli pada wartawan di Selong, Kamis lalu (21/7). “Semua Kepala SKPD dari hasil asesmen tersebut dilakukan evaluasi, dan hasilnya sekitar delapan kepala SKPD yang memiliki nilai dibawah rata-rata,” ungkapnya.

Berdasarkan hal itu pula, kemudian diusulkan ke KSN untuk diadakan seleksi guna mendapatkan pejabat yang profesional. Adapun dari delapan SKPD dimaksud, dua diantaranya PU dan ESDM yang masih kosong, satu staf ahli, serta lima SKPD yang masih dirahasiakan.

Hasil penilaian dibawah rata-rata ini akan diseleksi, dan bila disetujui KSN, maka awal Agustus mendatang akan diadakan seleksi. “Adapun dari syarat administrasi yang boleh ikut seleksi dari Eselon Dua, untuk masuk pada jabatan SKPD,” imbuhnya.

Demikian juga Eselon Tiga juga boleh ikut masuk, untuk mengisi pada jabatan fungsional. Tentunya mereka telah memenuhi syarat administrasi kepangkatan dan lain-lain, sehingga bisa ikut Pansel. Masalah waktu dikatakan tergantung kapan nilainya keluar dari KSN. (lal)