Hasil Akreditasi Puskesmas Aikmel Belum Turun

SELONG—Dinas Kesehatan (Dikes) Lombok Timur (Lotim) mengaku belum menerima hasil akreditasi yang dilakukan terhadap Puskesmas Aikmel. Akreditasi itu sendiri telah dilakukan beberapa bulan lalu.

Saat itu tim dari pusat langsung turun ke puskemas terkait untuk melakukan penilaian, baik soal pelayanannya, termasuk manajemen Puskesmas. “Masih belum turun,” ungkap Kadikes, Asrul Sani, Selasa kemarin (26/7).

Kepastian soal kapan akan turun? Kadis juga belum mengetahui secara pasti. Namun hasil itu turun dipastikan bersamaan se NTB. Sebab, pengumumannya sendiri akan dilakukan secara serempak. “Kalau sudah turun, pasti akan kita infokan,” ujarnya.

Diketahui, pemerintah pusat saat ini mengharuskan semua Puskemas dan rumah sakit menyandang status akreditasi. Bahkan beberapa tahun kedepan, semua pelayanan kesehatan diharuskan menyandang status tersebut. Ini dilakukan sebagai upaya untuk memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal untuk masyarakat.

BACA JUGA :  Jatah Akreditasi Sekolah NTB Berkurang

Sementara tahun ini, Lotim sendiri hanya diberikan jatah satu Puskemas untuk di akreditasi. Dari beberapa Puskemas yang diajukan, hanya Puskemas Aikmel yang dinyatakan layak dan siap untuk di akreditasi.

Meski demikian, Dikes pun mengupayakan agar seluruh Puskemas di Lotim nantinya bisa menyadang status akerditasi. Sebab, ini sudah menjadi ketentuan yang harus dipenuhi. Status akreditasi juga menjadi salah satu syarat untuk menjalin kerjasama dengan BPJS kesehatan.

Agar target itu terpenuhi, Dikes juga mulai melakukan berbagai persiapan terhadap semua Puskemas  di Lotim. Persiapan itu menyangkut semua hal, khususnya terkait syarat untuk bisa dilakukan akreditas.

Selain puskemas, rumah sakit nantinya juga akan diusulkan dalam akreditasi berikutnya. ”Kita terus melakukan persiapan untuk akreditasi berikutnya,” beber Asrul. (lie)