Hari Terakhir UNBK, Soal Ujian Tidak Muncul

KENDALA: Pelaksanaan UNBK hari terakhir untuk mata pelajaran kejuruan audio visual mengalami kendala. Lembar soal tidak ada di server (Janwari Irwan/Radar Lombok)

SELONG – Ratusan siswa dari sejumlah sekolah di Lombok Timur (Lotim) tidak bisa mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) hari terakhir Kamis kemarin (6/4).

Pada hari terakhir ini, UN untuk  mata pelajaran kujuruan.  Pada mata pelajaran teknologi audio visual, ternyata lembar soalnya tidak ada di server. Wakil  Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMKN 1 Sakra,Sahrulidiani mengatakan pelaksanaan UNBK  hari terakhir kemarin   berjalan dengan lancar. Hanya saja terjadi kendala  pada mata pelajaran teknologi audio visual.  Ternyata tidak ada soal yang terkirim dari pusat. “Sebenarnya lancar –lancar saja, namun pada saat pelajaran kejuruan di mata pelajaran audio visual tidak ada soal yang akan dijawab oleh siswa, sehingga ujian menjadi tertunda,”jelasnya kemarin.

[postingan number=3 tag=”unbk”]

Melihat kegundahan yang dialami siswa langsung melaporkan kejadian ke pemerintah pusat namun hingga saat belum mendapat tanggapan apakah akan ada ujian susulan atau tidak. “Yang jelas kita sudah laporkan ini, namun kita belum mendapatkan jawaban dari pemerintah,”terangnya.

Ada empat sekolah yang ikut bergabung atau menumpang menggalar UNBK di SMKN 1 Sakra. Tiga sekolah diantaranya menggelar UNBK yakni SMK Darul Wusto, Jerowaru dengan 19 siswa, SMK NW Semaya dengan 10 siswa dan SMK Tunas Bangsa Gunung Rajak dengan  14 siswa. Sementara satu sekolah yakni SMK Kehutanan Wana Wisata Sekaroh terdapat 6  siswa.”Kalau dari SMKN 1 sakra sebanyak siswa SMKN 1 Sakra yang berjumlah 285 orang,”ujarnya.

Sementara itu, dari jumlah siswa yang sudah terdaftar dalam UNBK terdapat 4 siswa yang berasal dari SMKN 1 Sakra yang tidak mengikuti ujian dengan alasan sakit. Tidak hanya siswa SMKN 1 sakra yang tidak bisa ikut, akan tetapi ada siswa yang berasal dari  SMK Kehutanan Wana Wisata Sekaroh tidak dapat mengikuti ujian tanpa alasan yang jelas. “Siswa yang berasal dari SMK Kehutanan Wana Wisata Sekaroh yang terdaftar dalam ujian sebanyak 8 orang. Namun ada 6 yang hadir apakah dia sakit atau dia menikah kita belum tahu pasti,”jelasnya

Kepala UPTD Layanan Dikmen dan PKPLK Dikbud NTB di Lombok Timur, Junaidi mengatakan pada pelaksanaan UNBK pada hari terakhir semua berjalan lancar, hanya saja terjadi  kendala  pada sejumlah sekolah. Terjadi kekosongan soal pada mata pelajaran  kejuruan yait pelajaran audio visual sehingga pelaksanaan ujian menjadi tertunda. “Tadi saya dapat informasi dari sejumlah sekolah, kalau hari ini ada kendala pada soal ujian yang kosong, sehingga harus ditunda dan Insya Allah akan diberikan ujian susulan,”ungkapnya.

Disampaikannya, sejumlah yang mengalami kegagalan dalam UNBK terakhir ini yaitu SMKN 3 Selong, SMKN  Pringgabaya, SMKN  Pringgasela dan SMKN 1 Sakra  dan SMKN 2 Selong.”Dimana sekolah sekolah yang mengalami kekosongan soal ini merupakan sekolah yang memiliki pelajaran audio visual,”jelasya.

Melihat hal ini pihaknya sudah melaporkannya ke pemerintah pusat sehingga sekolah – sekolah yang mengalami kendala ini akan diberikan ujian susulan pada tanggal 19 April  mendatang, termasuk para siswa yang tidak bisa mengikuti ujian dengan alasan tertentu.”Biar siswa ada yang menikah kemungkinan akan diberikan ujian susulan, karena itu merupakan hak warga negara indonesia,”pungkasnya.(cr-wan)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid