Hari Raya Nyepi, Pelabuhan Lembar Ditutup Sementara

PELABUHAN LEMBAR: Kondisi pelabuhan Lembar jelang Nyepi, pada hari Raya Nyepi akan dilakukan penutupan pelabuhan. (ZULFAHMI/RADAR LOMBOK)

GIRI MENANG – Jelang perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1944 atau tahun 2022, penyeberangan dari dan menuju Pelabuhan Lembar Lombok-Padang Bai Bali akan ditutup sementara mulai dari tanggal Kamis tanggal 3 Maret 2022 hingga Jumat 4 maret 2022.

Penutupan ini dilakukan sebagaimana surat resmi Telkomsel dikeluarkan oleh  Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat BPTD wilayah XII – Provinsi Bali dan Provinsi Nusa Tenggara Barat. Satuan pelayanan pelabuhan penyeberangan lembar tentang penutupan sementara pengoperasian kapal lintas Lembar – Padangbai.

Koordinator Satuan Pelayanan Pelabuhan Lembar, Koda Tahlianus Nelson D menjelaskan, berdasarkan surat kepala balai pengelola transportasi darat wilayah XII Provinsi Bali dan Provinsi NTB nomor: ap. 106/1/10/bptd-xii/2022 tanggal 23 Februari 2022 perihal; penutupan sementara pelabuhan penyeberangan pada hari raya nyepi tahun 2022.

BACA JUGA :  Gubernur Copot Khairul Gara-gara Tidak Mampu Tangani PMK?

Diberitahukan bahwa pada hari Kamis tanggal 3 Maret 2022 mulai pukul 06.00 Wita. “Untuk kegiatan hari raya nyepi akan dilakukan penutupan pelabuhan dari Padangbai-Lembar, ” ujarnya.

Penutupan akan dilakukan sampai pada hari Jumat tanggal 4 maret 2022 pukul 06.00 wita, kapal penyeberangan lintas Lembar – Padangbai untuk sementara tidak beroperasi. Untuk pengoperasian diatur sebagai jadwal keberangkatan terakhir. Kapal terakhir diberangkatkan dari pelabuhan penyeberangan Lembar tanggal 2 Maret 2022 pukul 19.30 wita.  “Kapal terakhir diberangkatkan dari pelabuhan penyeberangan padangbai tanggal 3.Maret 2022 pukul 03.00 wita. Jadwal keberangkatan pertama. kapal pertama diberangkatkan dari pelabuhan penyeberangan Lembar tanggal 4 Maret 2022 pukul 04.30 wita,’’ katanya.

BACA JUGA :  Ini Syarat dan Ketentuan bagi Penonton MotoGP

Kapal pertama diberangkatkan dari pelabuhan penyeberangan padangbai tanggal 4 Maret 2022 pukul 09.00 wita. Nelson menambahkan, sedangkan untuk penyebrangan jalur Ketapang selama hari raya nyepi tetap dibuka seperti biasa, penutupan dari padang bai seperti biasa ada edaran dari gubernur Bali agar pada hari raya nyepi tidak ada aktivitas di pelabuhan. “Selain ada edaran dari Gubernur Bali, juda ada surat dari Dirjen yang mengatur penutupan pelabuhan pada hari raya nyepi,” tutup Nelson. (ami)