Hari Pertama, Puluhan Offroader IOF Kesulitan Taklukkan Sirkut Malimbu

TANJUNG – Nusa Tenggara Barat terpilih menjadi tuan rumah balapan roda empat nasional untuk Offroad Nasional Championship Series I yang berlangsung selama dua hari, 21-22 Mei 2022 di Sirkuit Malimbu, Kabupaten Lombok Utara.

Sebanyak 24 driver roda empat Offroad menjajal Sirkuit Malimbu yang dinilai lintasannya cukup menantang oleh para offrooader dari seluruh Indonesia yang tergabung dalam Indonesia Offroad Federation (IOF) tersebut.

Dengan panjang lintasan sekitar 500 meter lebih itu, mengadu nyali para driver Offroader IOF untuk bisa menaklukkan Sirkuit Malimbu Lombok Utara. Pada hari pertama trek lintasan Sirkuit Malimbu, Sabtu (21/5), 24 driver Offoroader membuktikan lintasan yang cukup menantang. Para Offroader, bahkan ada kesulitan menaklukkan tantangan Sirkuit Malimbu, karena lintasan yang berdebu dan berpasir, tanjakan yang curam, hingga harus melintasi sungai kering yang cukup terjal.

Namun, para offroader ini tak menyerah begitu saja untuk bisa mencapai garis finish tercepat. Berbagai cara dan teknik dilakukan untuk bisa menaklukkan Sirkuit Malimbu yang berada di kawasan wisata eksotik Lombok Utara tersebut.  Bahkan, dalam kejuaraan offroader nasional tersebut diikuti juga Ketua Pengurus Daerah (Pengda) IOF NTB yang juga Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) NTB dr H Lalu Herman Gemalaputra atau yang akrab disapa dengan dokter Jack.

Sekretaris Jenderal IOF Pusat H Joko Permana memuji tantangan di Sirkuit Malimbu. Ia bahkan, harus bersusah payah untuk bisa menaklukkan kesulitan yang harus dilalui di Sirkuit Malimbu.

“Luar biasa di Sirkuit Malimbu ini tantanganya. Tapi kami dari IOF sangat merasakan sensasi yang luar biasa di Sirkuit Malimbu ini,” ungkap offroader asal Kalimantan Tengah ini.

Ia juga menyebut NTB menjadi kiblat otomotif nasional,  yang tidak hanya memiliki banyak sirkuit offroad yang bagus, tapi juga didukung oleh alam yang eksotik dan memberi kenyamanan bagi offoader sembari liburan di Lombok.

“Lombok luar biasa, alamnya yang indah, laut yang bersih sangat mendukung NTB sebagai kiblat otomotif nasional,” ucapnya.

Ketua Pengda IOF NTB yang juga menjadi atlet Offorad NTB Dokter Jack menyebut jika pelaksanaan  kejuaraan nasional IOF ini semestinya dilaksanakan pada tahun 2019, namun tertunda dua tahun karena pandemi Covid-19, dan baru tahun 2022 ini bisa terlaksana.

“Offroad di Sirkuit Malimbu Lombok ini menjari Seri I tahun 2022. Seri selanjutnya dilaksanakan di Bali, Surabaya dan Banjarmasin, Kalimantan Selatan,” kata dr Jack yang juga menjabat Direktur RSUD Provinsi NTB ini.

Dokter Jack berharap dengan banyaknya event otomotif di NTB akan bisa mendongkrak perekonomian masyarakat. Terlebih lagi, NTB menjadi kiblat otomoatif nasional, dan didukung keindahan alamnya, bisa mendongkrak kunjungan wisatawan ke NTB.

“Alhamdulillah  NTB mendapat slot pertama untuk IOF tingkat nasional di Sirkuit Malimbu. Masyarkat Malimbu sangat antusias menerima puluhan offroader bersama mekanik. Karena satu offroader bisa membawa belasan mekanik,” tutup Dokter Jack. (luk)