Hari Pertama PTS SD di Lobar Berjalan Lancar

MID SEMESTER
LANCAR : Di hari pertama pelaksanaan PTS di sejumlah sekolah di Lombok Barat berjalan lancar, seperti di SDN 1 Gerung Utara secara tatap muka.

GIRI MENANG – Pelaksanaan penilaian tengah semester (PTS) atau mid semester untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) di beberapa sekolah di Lombok Barat berjalan lancar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

“Alhamdulillah hari pertama pelaksanaan mid semester berjalan lancar,” kata Kepala SDN 1 Gerung Utara, Sabariah kepada Radar Lombok, Senin (15/3).

SDN 1 Gerung Utara menjadi salah satu sekolah di Kecamatan Gerung Lombok Barat yang diizinkan melaksanakan PTS dengan sistem tatap muka di sekolah di masa pandemi Covid-19. Meski demikian, pelaksanaan PTS tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes) Covid-19. Tidak semua murid masuk secara bersamaan, namun dibagi menjadi dua shift. Shift pertama dimulai dari pukul 07.30 Wita sampai 09.00 Wita, kemudian dilanjutkan shift kedua pada pukul 09.30 Wita sampai 11.00 Wita.

Sabariah menjelaskan, soal pelaksanaannya sama seperti sebelum pandemi Covid-19, hanya yang membedakan dilaksanakan dengan sistem shift, tapi terkait dengan mekanismenya masih tetap sama. Bahkan soal-soal mid semester sudah disiapkan dari jauh hari oleh sekolah.

“Soal kita sudah siapkan, kemudian setelah anak-anak selesai mengerjakan soal langsung pulang. Jadi sama seperti layaknya sekolah tatap muka di masa Covid-19 ini,” terangnya.

Sementara di SDN 2 Dasan Geres pelaksanaan PTS juga berjalan lancar, meski tidak dilaksanakan secara tatap muka di sekolah. Tetapi dilaksanakan dengan sistem luring, dimana murid hanya mengambil soal ke sekolah, namun dikerjakan di rumah masing-masing. 

“Alhamdulillah di hari pertama dapat berjalan lancar,” ucap Kepala SDN 2 Dasan Geres Kecamatan Gerung, Lalu Mas’ud.

Jumlah peserta didik yang mengikuti PTS dari kelas I sampai V sebanyak 146 murid. Kegiatan PTS di hari pertama mendapatkan respon positif dari orang tua murid. Apalagi dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

“Banyak orang tua yang  merespon positip penerapan protokol kesehatan dan ramai mengantar anaknya ke sekolah dan berharap agar pembelajaran tatap muka segera dibuka,” katanya.

Sementara itu, pelaksanaan PTS di SDN 1 Dasan Tereng Kecamatan Narmada juga berjalan lancar. Meski pelaksanaannya dilaksanakan dengan sistem daring (dalam jaring).

“Alhamdulillah lancar,” ucap Kepala SDN 1 Dasan Tereng, Nuraini.

Dalam pelaksanaan PTS untuk kelas I sampai kelas V dengan jumlah peserta didik sebanyak 359 murid. Tapi untuk kelas VI dilaksanakan tetap secara tatap muka untuk pemantapan pelaksananaan ujian sekolah yang akan dilaksanakan pada tanggal 29 Maret mendatang.

“Kita pakai online, gogle form. Kelas VI tatap muka, tapi semuanya juga online, kelas menggunakam handphone android. Yang tidak punya disiapkan menggunakan tablet milik sekolah. Jadi mid semester semua cara online,” katanya. (sal)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Berita sebelumya402 Lembaga di NTB Daftar Jadi Sekolah Penggerak
Berita berikutnyaPemilu 2024, Golkar Gagas Koalisi Besar