Hari Minggu, Hultah NWDI Ke-81 Digelar di Anjani

SELONG—Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah (NWDI) kini telah berusia hampir seabad, dan hari Minggu (24/7) besok akan berulangsung peringatan Hari Ulang Tahun ke 81, yang tentunya akan diperingati oleh semua jamaah NW dari berbagai penjuru daerah, bahkan Nusantara.

Puluhan ribu jamaah NW dari 21 Provinsi di Indonesia dipastikan akan hadir guna merayakan berdirinya lembaga pendidikan agama Islam pertama di NTB ini. Tradisi ini telah terjaga sedemikian rupa, sehingga meski sepeninggal pendirinya, Almagfurullah Maulanasyaikh TGKH M Zainuddin Abdul Majid, pelaksanaan Hultah ini selalu semarak, dan dibanjiri jamaah dari berbagai penjuru Nusantara.

Demikian pula rangkaian kegiatan sejak beberapa minggu sebelumnya turut memeriahkan pelaksanaan Hultah NWDI setiap tahun. Mulai dari pelaksanaan berbagai lomba bagi para santri, dan juga jamaah dan masyarakat umum, Bhaksos, seminar, Mukernas, hingga hiburan yang pelaksanaannya bisa sampai berminggu-minggu.

“Ini merupakan berkah, dan semoga NW akan terus jaya, serta berkembang di seluruh Nusantara, bahkan dunia,” kata salah satu jamaah asal Lotim, M Farhan, kemarin (22/7).

NW dikatakan telah banyak menorehkan prestasi bagi kemajuan ummat dan SDM di daerah ini. Tidak saja Lotim, akan tetapi NTB, dan bahkan juga sekala nasional. Sehingga wajar menurutnya bila organisasi NW kemudian mendapatkan pengakuan di tingkat Nasional sebagai salah satu organisasi yang diakui dilevel nasional.

BACA JUGA :  Mahad NW Anjani Gelar Adzikrol Hauliyah Ke-51

“Kita tentu tidak bisa tutup mata terhadap peran besar NW bagi perkembangan Lotim dan NTB. Ribuan, bahkan jutaan orang telah mendapatkan layanan pendidikan melalui ratusan lembaga pendidikan yang tersebar di seluruh NTB, bahkan di seluruh negeri,” ujarnya.

Ketua Umum PB NW Anjani, Hj Sitti Raihanun ZAM mengatakan, bahwa kini organisasi NW telah berada di sebagaian besar provinsi di Indonesia. “Hal ini merupakan manifestasi dari pesan pendiri NW, Maulana Syaikh TGKH M Zainuddin Abdul Majid,” paparnya dalam sambutan pembukaan Mukernas di Anajani, Kamis lalu.

NW sebagai organisasi keagamaan dan kemasyarakatan berkapasitas nasional, dalam lintasan sejarah bangsa Indonesia telah ikut menentukan perjalanan sejarah bangsa. Tumbuh dan berkembang di tingkat anak ranting sampai organisasi nasional.

Sementara Ketua Panitia Hultah NWDI ke-81 di Anjani melalui Sekretaris Tiga, H Sabir, mengatakan bahwa NWDI merupakan catatan sejarah sangat penting bagi Islam di NTB, terutama dalam bidang pendidikan. “Tidak saja jamaah NW yang harus bersyukur atas keberadaan NWDI, akan tetapi seluruh warga NTB. Karena merupakan lembaga pendidikan Islam pertama di NTB,” pungkasnya. (lal)