Hari Kedua UNBK Listrik Sempat padam

Ilustrasi UNBK

SELONG – Hari kedua pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang pendidikan SMA dan Madrasah Aliyah berjalan lancar. Namun demikian, ditemukan adanya kendala dimana ada tombol soal pelajaran matematika tidak bisa diklik siswa.

“Untuk hari pertama dan kedua Alhamdulillah berjalan lancar, hanya saja ada soal pelajaran matematika nomor 20 dan 22 siswa tidak bisa memilih dikarenakan tombol pilihan tidak berfungsi, namun sudah kita laporkan,” ungkap Kepala SMAN 1 Sakra Timur, Sahnun Zain (11/4).

[postingan number=3 tag=”unbk”]

Jumlah siswa yang mengikuti UNBK pada tahun ini sebanyak 124 orang yang dibagi menjadi dua sesi. Pembagian ini dikarenakan server yang ada tidak bisa terkoneksi dengan server pusat yang disebabkan dengan adanya keterlambatan. “Pemerintah sebenarnya sudah memberikan kita dua server namun karena tidak bisa konek, maka kita tidak bisa menggunakan server itu dan Insya Allah akan digunakan oleh sekolah,” terangnya.

Meski UNBK berjalan lancar, namun hal yang dikawatirkan yaitu pemadaman listrik yang terjadi pada saat simulasi berjalan. Namun karena sudah ada imbauan dari wakil gubernur saat UNBK tidak boleh ada pemadaman listrik.

Sementara itu, Kepala UPTD Layanan Dikmen dan PKPLK Dikbud NTB di Lombok Timur, Junaidi mengatakan, pelaksaan hari kedua UNBK berjalan lancar.Namun ada sedikit kendala dimana di sejumlah titik di Lombok Timur terjadi pemadaman listrik sekitar 10 hingga 15 menit.

Pemadaman listrik lanjutnya, terjadi di sejumlah titik seperti Kota Selong, Suela, Kecamatan Sakra, Kecamatan Keruak bahkan hampir seluruhnya tempat terjadinya pemadaman listrik. Meski demikian pihaknya langsung  berkoordinasi dengan pihak PLN dan langsung dinyalakan.

Sementara itu, Manager PLN Rayon Selong, Arif Makmun mengatakan, pemadaman listrik yang terjadi pada saat UNBK berjalan terjadi akibat adanya sambungan yang terlepas di pembangkit. Pemadaman pun disebutnya hanya berlangsung 8 menit. (cr-wan)