Hari ini Jalur Prestasi SMP Diumumkan

MATARAM—Calon peserta didik baru tingkat SMP sederajat di Kota Mataram hari ini akan menerima pengumuman jalur prestasi.

Ketua Penereimaa Peserta Didik Baru (PPDB) Kota Mataram, H Zainal Arifin mengatakan, beberapa sekolah diminta untuk membuka secara transparan hasil tes akademik  kalangan siswa jalur prestasi. Mengingat jalur prestasi merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pelajar Kota Mataram.

‘’Sekolah hari ini harus mengumumkan siswa yang diterima melalui jalur prestasi,’’ katanya, kepada Radar Lombok, Jumat kemarin (24/6).

BACA JUGA :  Warga Keluhkan Sampah Jalur Wisata

Semua sekolah, jelasnya, baik yang favorit maupun tidak membuka jalur prestasi. Satu sekolah dibatasi jatah 120 siswa. Bagi siswa yang tak loloss lewat jalur in ibis amendafatr lewat jalur online.

Beberapa sekolah tingkat SMP yang menjadi buruan di Kota Mataram yakni, SMPN 2 Mataram, SMPN 6 Mataram, SMPN 1 Mataram. Tiga sekolah ini disebutnya masih menjadi favorit. Seperti pendaftaran jalur prestasi hampir ratusan yang mendaftar di tiga sekolah tersebut.

Ia mengimbau, masyarakat untuk tetap mengedepankan aturan serta memperhatikan nilai anak. Piahknya tidak ingin sampai dipaksakan karena akan berdampak pada beban psikologis anak kedepanya. Pengumuman jalur prestasi juga sekaligus bersamaan dengan kenaikan kelas semua jenjang sekolah SD, SMP dan SMA/SMK di Kota Mataram.

BACA JUGA :  Masih Banyak TKI Berangkat Jalur Ilegal

Nampak di SMPN 7 Mataram, jalur prestasi beberapa waktu lalu  yang membuka khusus kelas olahraga juga mendapatkan perhatian dari masyarakat. Bahkan, kuota yang  telah disediakan sudah terisi penuh. (dir)