Hari Ini Puncak Harganas di Dompu

MERIAH: Jalan sehat dalam puncak perayaan Harganas 2017 tingkat Provinsi NTB yang dipusatkan di Kabupaten Dompu berlangsung meriah.

DOMPU-Hari ini senin 10 Juli 2017 merupakan puncak Hari Keluarga Nasional (Harganas) tingkat Provinsi NTB. Tapi Sabtu dan Minggu sudah digelar sejumlah kegiatan.

Diantaranya pada minggu kemarin digelar gerak jalan santai yang dilanjutkan dengan pameran dan gelar dagang produk lokal yang diikuti oleh seluruh Kabupaten/Kota se-NTB.

Yang menarik dilakukan undian doorprize yang menyediakan sejumlah hadiah menarik. Mulai dari puluhan kipas angin, handuk, blender, setrika sampai kepada kulkas dan sepeda olahraga sebagai hadiah utama.

Pada undian yang berlangsung, untuk hadiah-hadiah hiburan puluhan peserta yang ketiban rezeki semua ada orangnya. Tetapi giliran undian hadiah utama untuk mendapatkan dua unit sepeda delapan kupon doorprize yang dibacakan langsung oleh Bupati Dompu batal karena tidak ada orangnya.

Pengundian hadiah utama itu berlangsung cukup seru, ratusan peserta yang menunggu sejak pagi mulai dari masyarakat biasa sampai pejabat merasa deg-degan dan berharap bisa mendapatkan hadiah utama.

Bupati Dompu H Bambang M Yasin sampai membaca berulang-ulang nomor undian yang berhasil memperoleh hadiah tersebut. Tetapi berdasarkan hitungan ada delapan kupon yang batal karena tidak ada orangnya.

Agar benar-benar batal, bupati menghitung sampai tiga kali membacakannya, setelah tidak ada orangnya kemudian diundi nomor yang lain. Salah seorang ibu yang memiliki kupon undian sesuai dibacakan berusaha lari tergopoh-gopoh mendatangi bupati dan menyerahkan kuponnya.

Tetapi karena keputusan batal sudah final maka tetap ibu yang bersangkutan batal mendapatkan hadiah satu unit sepeda yang berharga jutaan rupiah itu. ”Maaf ibu, keputusan sudah batal, ibu sudah terlambat, nanti peserta lain ribut, Lembo Ade’ (Sabar,red),” ujar bupati memberi penjelasan kepada seorang ibu yang terus berusaha membujuk bupati.

Acara yang dipandu oleh Fahaqu dan Deni Vj itu berlangsung lancar, Bupati Dompu menyatakan terima kasih atas partisipasi seluruh masyarakat dalam memeriahkan Harganas tingkat Provinsi NTB, di Kabupaten Dompu.

Gubernur NTB TGH M Zaenul Majdi menghadiri puncak hari keluarga nasional (Harganas) 2017  tingkat Provinsi NTB yang dipusatkan dipusatkan di Kabupaten Dompu, Minggu (9/7).

Hal ini diungkapkan Kabag Humas Setda Dompu Ardiansyah mengakui, bahwa Gubernur NTB akan menghadiri puncak Harganas 2017 di Dompu. Di mana sebelumnya, gubernur telah berkunjung ke sejumlah kabupaten/kota di pulau Sumbawa. Mulai dari Kabupaten Sumbawa Barat, Sumbawa, Bima, Kota Bima, dan kemudian ke Dompu. ‘’Pak Gubernur menghadiri langsung puncak acara Harganas,’’ ungkap Ardiansyah, kemarin.

Dalam pelaksanaanya, puncak Harganas berlangsung meriah kemarin. Kegiatan jalan santai memperingati Harganas tingkat Provinsi NTB berlangsung meriah. Kegiatan tahunan itu diikuti ribuan peserta dari berbagai elemen, mulai dari ASN, masyarakat hingga siswa semua jenjang.

Tidak hanya diramaikan masyarakat Dompu, kegiatan jalan santai juga dimeriahkan peserta luar daerah. Seperti Kota/Kabupaten Bima, Sumbawa, Lombok hingga Kota Mataram.  Kegiatan jalan santai dilepas oleh Bupati Dompu Drs H Bambang M Yasin di halaman Pemda Dompu. Rute jalan santai kali ini mengambil star di Pemda, melewati Polres Dompu, Pasar Raya Dompu, menuju Masjid Raya. Kemudian melewati Kelurahan Bali Satu dan finish di halaman Pemda.

Selain melepas peserta, Bupati Dompu juga membuka secara resmi gelar dagang dalam menyambut Harganas. Dirinya berharap dengan usaha tersebut omzet dagang terus meningkat. “Meskipun belum dibuka secara resmi, tapi barang-barang sudah habis terjual,” kata HBY.

Tidak hanya itu, menyambut Harganas ibu-ibu PKK menyuguhkan jus jagung. Menurutnya, jus jagung merupakan kretifitas dan upaya pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat Dompu. “Kami yakin beberapa tahun kedepan, makanan berbahan dasar jagung termasuk  jus jagung jadi kuliner khas Dompu,” akunya.

Berbicara soal jagung atau program Terpijar, tidak terlepas dari kesejahteraan. Terbukti, karena jagung angka kemiskinan di Dompu menurun drastis. Bahkan berada diurutan ketiga di NTB, dibawah Kota Mataram dan Kota Bima.

Dalam kesempatan itu HBY juga menyampaikan terima kasih atas penyambutan masyarakat Dompu ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Antusiasme masyarakat cukup tinggi, baik orang tua, pemuda dan anak-anak.

Pada perayaan puncak Hari Keluarga Nasional Senin (10/7) hari ini, HBY mengajak masyarakat untuk bersama-sama mensukseskannya. Dirinya mengakui, keberadaan teknologi yang semakin canggih belakangan ini membuat tingkat kedekatan  keluarga semakin berkurang.

Tidak heran, karena medsos seperti FB, WA dan Medsos lainnya kesibukan orang semakin bertambah. Bahkan para orang tua sudah jarang berbaur lagi dengan anak-anaknya. “Saya mengaharapkan, besok (hari puncak Harganas) hari tanpa HP bagi masyarakat Dompu,” ajak HBY saat menyampaikan sambutan, kemarin.

Untuk memberi semangat para peserta jalan santai, Panitia menyediakan puluhan doorprize. Mulai dari sepeda motor, Sepeda, Mesin cuci, dan puluhan barang elektronik dan doorpirice lainnya. (am/jw)