Hari Ini Dua Cabor Lumbung Emas NTB Bertanding

PEMANASAN : Inilah atlet Muaythai NTB, Ardiansyah saat melakukan pemanasan didampingi pelatihnya sebelum melangsungkan pertandingannya hari ini, Senin (27/9). (IST FOR RADAR LOMBOK)

MATARAM – Dua dari 9 Cabor yang diklaim sebagai lumbung Emas untuk NTB di PON XX Papua 2021, hari ini, Senin (27/9) bakal melangsungkan pertandingannya di Klaster Mimika dan Klaster Kabupaten Jayapura.

“Ada dua cabor yang kita sebut sebagai bagian dari lumbung Emas NTB bakal melangsungkan pertandingannya besok (hari ini-red), yakni Cabor Panjat Tebing dan Muaythai,” terang Ketua KONI NTB H Andy Hadianto, Minggu (26/9).

Seperti yang sudah dipetakan sebelumnya, Andy menyebut setidaknya ada 9 Cabor yang bakal menjadi lumbung Emas NTB di PON XX Papua 2021, yakni terdiri dari cabor atletik, tinju, muaythai, tarung derajat, voli pasir, panjat tebing, karate, kempo dan Balap Motor.

“Sembilan Cabor ini jadi senjata kita untuk tembus 17 emas. Dan besok, dua diantaranya akan melangsungkan pertandingannya,” lanjut Andy.

Sementara itu, Manajer Cabor Panjat Tebing, Adi Hendra Susanto membenarkan, bahwa pada Senin (27/9) Cabor Panjat Tebing bakal melangsungkan pertandingannya di Klaster Mimika. Untuk pertandingan pertama ini, ada dua kategori atau nomor yang akan dimainkan atlet, yakni Lead perorangan putra akan dimainkan oleh Joni Kasria dan Azhar Wan Akbar. Sementara di kategori Boulder Putri akan dimainkan oleh Nurul Iqamah dan Anggun Yolanda.

Pada pertandingan pertama ini, atlet NTB di dua kategori itu bakal bertemu dengan semua provinsi sebanyak 27 peserta. Pada setiap babak memakai kuota. Kuota semifinal 20 atlet, dan kuota final 8 atau 6 atlet.

“Kalau dilihat dari prediksi, peluang kita sama dengan sejumlah provinsi besar lainnya,” bebernya.

Pelatih Cabor Muaythai NTB, Indra Gunawan mengatakan, Cabor Muaythai dipastikan bakal bertanding Senin (27/9) di Klaster Kabupaten Jayapura. Ini diketahui setelah melalui Tehnikal Meeting yang dilakukan para Manajer Cabor Muaythai.

Pada laganya nanti, satu-satunya atlet Muaythai NTB, Ardiansyah bakal berhadapan dengan petarung asal Papua. Dari sisi peluang, Ardiansyah tetap punya kans, karena sementara ini Ardian yang masih memegang ranking nasional.

“Tapi bagaimanapun juga, kita harus tetap waspada dan mempersiapkan diri lebih matang,” tutupnya. (rie)