Hari Ini Berlangsung “Perang” di Pura Lingsar

PERANG TOPAT
PERANG : Di komplek Pura Lingsar akan berlangsung ritual budaya Perang Topat pada sore hari ini. (Fahmy/Radar Lombok)

GIRI MENANG – Hari ini akan berlangsung event budaya Perang Topat yang berlangsung di komplek Pura Lingsar di Desa Lingsar Kecamatan Lingsar Lombok Barat. Perang Topat adalah perang kedamaian antara warga muslim Sasak dan Hindu yang telah berlangsung sejak dulu. Pemkab Lombok Barat menjadikan tradisi ini menjadi salah satu jualan pariwisata yang mendatangkan banyak wisatawan baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Ini adalah symbol perdamaian dalam keragaman yang terus dipertahankan.

Sore hari nanti akan ada puluhan ribu warga yang terlibat perang dengan amunisi ketupat dan telur. Hal ini disampaikan Kepala Desa Lingsar HM. Abdul Hadi kemarin. Sebelum Perang Topat, sejak beberapa hari lalu sudah berlangsung berbagai kegiatan lain baik yang dilakukan warga muslim maupun Hindu. Selain itu juga ada kegiatan hiburan pada malam hari.

Di lapangan,  persiapan seperti penataan Pedagang Kaki Lima (PKL) sudah dilakukan dengan kondisi seadanya karena sebagian lapangan sudah dimanfaatkan untuk korban gempa.” Semua sudah dipersiapkan dan dilakukan penataan,” jelasnya.

Untuk kebaradaan tamu undangan, Kades mengatakan pihak panitia sudah menyediakan sekitar 300 tempat duduk, terutama untuk wisatawan mancanegara yang hadir.

Sebelum Perang Topat, sudah dilakukan beberapa kegiatan sejak tanggal 14 November. Beberapa kegiatan yang sudah digelar seperti Peresean, pertunjukan drama, lomba tradisional dan lain-lain.(ami)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut