Harga Tembakau Sedang Bagus, Petani Senang

DIJUAL: Proses transaksi tembakau di perusahaan tembakau yang ada di Lombok Timur. (Ist/Radar Lombok)

SELONG – Sebagian petani petani di Lombok Timur sudah mulai memanen tembakau. Terutama petani tembakau virginia yang tersebar di sejumlah wilayah Lombok Timur seperti Kecamatan Sakra Timur, Sakra, Sakra Barat, Keruak, Jerowaru, Sikur, Terara maupun Rarang. Harga penjualan tembakau di tahun ini terbilang memuaskan petani. Dalam arti harga satuan yang telah ditetapkan entah itu  tembakau berkualitas atau kelas 1 hingga  kualitas yang paling  rendah sudah cukup tinggi.” Harga tembakau untuk tahun ini memang lebih bagus,” kata Amaq Thoriq, salah seorang petani tembakau di Kecamatan Sakra kemarin.

Baca Juga :  Rumah Sakit Masbagik Dianggarkan Rp 750 Juta

Untuk tembakau  kualitas super dijual dengan harga Rp 48 ribu perkilogram, sedangkan untuk kualitas nomor dua dijual dengan harga kisaran Rp 35 ribu sampai Rp 40 ribu.”Kualitas yang paling rendah paling kita jual dengan harga Rp 15 ribu sampai Rp 30 ribu perkilogram,” singkatnya.

Sebelumnya ketua Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Lotim, Lalu Sahabuddin mengaku petani merasa sudah cukup terakomodir dengan satuan harga yang telah ditetapkan oleh perusahaan- perusahaan tembakau yang ada di Lombok Timur. Namun satu hal yang perlu diperhatikan terutama oleh instansi  terkait adalah bagaimana agar harga tersebut bisa terus dikawal sampai ke bawah. Sehingga tidak ada lagi terjadi permainan harga saat transaksi jual beli antara petani dan perusahaan.(lie)

Komentar Anda