Harga Cabai dan Bawang Melambung Tinggi

PEDAGANG PASAR: Tampak salah satu pedagang, Ibu Hatimah asal Taliwang, Cakranegara sedang melayani pembeli di Pasar Cakranegara, Kamis (17/11) (HAERUDDIN/RADAR LOMBOK)

MATARAM—Jelang akhir tahun, harga berbagai komoditas produk pertanian seperti cabai dan bawang di Pasar Cakranegara, Kota Mataram melambung tinggi. Dimana untuk cabai merah tembus mencapai Rp 45 ribu hingga 50 ribu per kilogram (kg), sementara untuk bawang merah hingga mencapai 50 ribu /kg, serta bawang putih 50 ribu /kg.

Ibu Hatimah, asal Taliwang, Cakranegara, salah satu pedagang di Pasar Cakranegara menuturkan, kenaikan harga berbagai kebutuhan itu nyaris setiap hari terjadi. Itu karena minimnya pasokan yang datang dari pengepul. ”Ndak kita tau penyebabnya, tapi sudah empat hari ini  jarang ada kriman cabai dan bawang,” ungkapnya kepada Radar Lombok, Kamis (17/11).

Dengan kenaikan harga tersebut, diakui memanhg membuat para pembeli agak sedikit berkurang. Sehingga tidak jarang para pedagang mengalami kerugian yang sangat banyak. “Kita rugi aja sekarang ini, solanya jarang yang mau beli,” tambahnya.

Hal yang sama diungkapkan oleh pedagang lainya, yakni Mriatun, biasanya dia menjual cabai dengan harga Rp 35 ribu per kg, namun karena langka saat ini dia justru membeli dengan harga segitu kepada pengepul. “Kita belinya Rp 35 ribu per kilogram, sehingga untuk mendapatkan untung, terkadang kita harus menjual kembali dengan harga Rp 50 ribu per kilogram,” ujarnya seraya mengakui,kalau pembeli agak jarang belakangan ini.

Ditambahkan juga, kenaikan harga tak hanya dialami komoditi jenis cabai merah saja. Namun juga sejumlah produk pertanian lainnya seperti bawang, yakni bawang merah dan bawang putih. “Kalau bawang harganya bahkan diatas Rp 60 ribu per kilogram,” jelasnya seraya berharap peran serta pemerintah untuk menyeimbangkan harga. (cr-met)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid