Harga Cabai Bisa Tembus Rp 100 Ribu Per Kg

MATARAM – Kenaikan harga cabai yang cukup tinggi membuat konsumen mulai risau. Namun tidak demikian, dengan petani cabai justru merasa beruntung, karena akan meningkatkan pendapatan mereka. Kenaikan harga cabai ini terjadi hampir di seluruh daerah, dampak dari cuaca ekstrim yang terjadi beberapa pekan belakangan ini.

“Biasanya petani kalau musim hujan ya untung. Biar panen sedikit tapi harga jualnya yang bagus,” kata Ketua Asosiasi Petani Cabe NTB H Subhan kepada Radar Lombok, Selasa (14/1).

Saat ini harga cabai di pasar berkisaran di Rp 50  ribu – Rp 65 ribu per kg. Tingginya harga jual cabai dikarenakan stok yang berkurang ditingkat petani. Mengingat, kondisi cuaca tak menentu, sehingga saat panen sekarang ini cabai lebih banyak rusak dan berdampak pada pasokan ke pasar.

“Sekarang itu yang di panen sisa-sisa tanaman sebelumnya. Bahkan prediksi kita untuk beberapa pekan ini bisa sampai Rp 100 ribu per kg,” sebutnya.

Jumlah panen cabai yang tidak banyak dari petani, membuat ketersedian stok untuk kebutuhan masyarakat di NTB tak dapat terpenuhi. Pasalnya, hasil panen tak banyak, hanya beberapa ton saja, sehingga harga jualnya tinggi. Dari tingkat petani saja harganya berkisaran di Rp 45 ribu – Rp 46 ribu per kg.

“Biasanya kalau sekali panen itu sedikit sekarang, itu paling sekitar 5 ton,” ujarnya.

Dikatakannya, tingginya harga cabai akan kembali normal pada Maret mendatang, karena sudah mulai memasuki musim panen cabai yang baru. Untuk panen saat ini hasil dari sisa-sisa panen sebelumnya, sehingga hasilnya tak banyak seperti sebelumnya.

Sementara itu, karena stok cabai di NTB tidak mencukupi, sehingga harus datangkan dari luar agar dapat memenuhi kebutuhan di dalaml daerah. Hanya saja, harga cabai dan stok di luar daerah juga mengalami hal sama seperti di NTB.

“Kalau harganya di bawah standar ya rugi, harga standar itu kisaran Rp 20 kg.

Sedangkan, yang harga standar untung Rp 25 ribu per kg,” jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Pasar Induk Mandalika H Ismail mengatakan, harga cabai rawit saat ini sedang naik. Sebelumnya berkisaran di harga Rp 30 ribu per kg. Selisih kenaikannya pun cukup jauh yakni mencapai Rp 15 ribu. Saat ini saja, harganya tembus Rp 50 ribu per kg.

“Pedagang mengaku, harga cabai naik karena sudah naik dari pengepul dan stok juga berkurang,” katanya. (dev)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid