Harga Bawang Merah dan Cabai Mulai Normal

Harga Bawang Merah dan Cabai
Pedagang bawang di Pasar Kebon Roek, Ampenan Kota Mataram. (DEVI HANDAYANI/RADAR LOMBOK)

MATARAM Harga cabai dan bawang berangsur-angsur naik menjadi belasan ribu setiap kilogramnya. Harga jual cabai dan bawang merah ini mulai membaik dari sebelumnya yan hanya dihargakan Rp6 ribu hingga Rp 7 ribu/kg di pedagang. Artinya di tingkat petani harga jualnya lebih rendah lagi.

“Sekarang harga jual bawang sudah mulai membaik. Sudah ada penjualan ke luar daerah untu dua komoditas hasil pertanian ini,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri (PDN) Dinas Perdagangan Provinsi NTB, Lalu Suparno, Senin kemarin (15/10).

Menurut Suparno kenaikan harga bawang dan cabai saat ini memang sedikit demi sedikit kembali mengarah ke harga normal. Karena pernyerapannya semakin meningkat dan stok stabil. Seperti bawang merah saat sudah mulai dikirim keluar daerah. Dengan demikian harga jual juga akan semakin membaik di tingkat petani. Seperti ke beberapa daerah, diantaranya ke Bali dan beberapa daerah lainnya di Pulau Jawa.  Sehingga pelan-pelan harga bawang merah ini beranjak naik, begitu juga dengan cabai.

Pada bulan Desember mendatang, harga dua komoditas hasil pertanian ini diprediksi akan kembali naik. Baik itu harga di petani maupun di pasar juga akan naik. Biasanya di kalangan petani bisa mencapai harga puluhan ribu perkilogramnya. Kenaikan ini juga terjadi karena pariwisata di NTB sudah berangsur membaik. Sehingga permintaan akan cabai dan bawang ikut meningkat di beberapa rumah makan dan hotel-hotel. Termasuk juga permintaan pasokan dari beberapa daerah yang ada di Pulau Jawa,Kalimtantan dan juga NTT.

Lebih lanjut Suparno mengatakan, saat ini juga dari Perum Bulog telah mulai menyerap pembelian bawang merah dari petani, khususnya yang ada di Kabupaten Bima. Sehingga persedian petani bawang yang melimpah, tak terlalu banyak dan harga di pasar juga ikut naik.

“Bapak Gubernur sudah bersurat ke Perum Bulog pusat. Makanya dari Bulog NTB sudah mulai menyerap bawang di petani, untuk cabai belum,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Pasar Induk Mandalika, H Ismail mengatakan, harga bawang merah dan cabai sudah mulai naik di pasar. Kisaran harganya, naik sekitar Rp 4-6 ribu /kg dari harga sebelumnya. kenaikan, harga ini sudah naik dari pengepul sebelum dijual kepada pedagang.

Kenaikan harga bawang merah dan cabai ini bukan karena stok yang sedikit. Bahkan stoknya masih stabil di tingkat petani maupun di pengepul. Harga cabai saat ini sudah mencapai hingga Rp 20 ribu /kg dan bawang merah berkisar di Rp 14 ribu /kg.

“Kalau harga di pengepul itu dapatnya Rp 17 ribu yang cabai dan Rp 11 ribu- Rp 12 ribu /kg bawang merah,” pungkasnya. (cr-dev)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut