Hanya Tiga Sekolah yang Gelar UNBK

Ilustrasi UNBK

GIRI MENANG-Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Lombok Barat (Lobar) dipastikan hanya diikuti tiga sekolah di bawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Lobar.

Di antaranya seperti diungkapkan Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dikbud Lobar Haerudin adalah SMPN 4 Narmada, SMPN 4 Gerung dan SMPN 3 Labuapi. Tiga dari 41 SMPN di Lobar ini jelas Haerudin sudah benar-benar terkonfimrasi di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI. “Itu sudah final, (ketiganya) sudah melaksanakan simulasi (UNBK) secara nasional,” ujar Haerudin, Jumat (3/3).

Lebih lanjut diterangkan Haerudin, ketiga sekolah tersebut dinilai siap karena memiliki fasilitas komputer yang memadai. Kendatipun saat simulasi masih ada yang meminjam di sana-sini.

[postingan number=3 tag=”unbk”]

Untuk bisa menggelar UNBK, setidaknya sekolah menyediakan komputer sejumlah sepertiga dari total jumlah siswa yang akan mengikutinya. Diketahui jumlah siswa yang akan mengikuti UNBK di SMPN 4 Gerung sebanyak 225 siswa, SMPN 3 Labuapi 178 siswa dan SMPN 4 Narmada 170 siswa. Diterangkan untuk komputer sendiri, Dikbud memberikan bantuan. Namun belum datang. “Tapi insya Allah sebelum UN sudah ada barangnya, tidak minjam-meminjam lagi,” jelasnya.

Seperti dikutip pada situs Kemendikbud RI, UN SMP/MTS Gelombang I akan dilaksanakan pada 2,3,4 dan 15 Mei 2017. Sedangkan Gelombang II akan dilaksanakan pada 8,9,10 dan 16 Mei 2017.

Diterangkan, bagi sekolah yang belum bisa UNBK, tetap menggunakan sistem lama yakni ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT). Ke depan diharapkan akan lebih banyak lagi sekolah yang bisa mengikuti UNBK agar lebih efektif dan efisien. (zul)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid