Hanya Sepuluh Hari, Pendaftaran SNMPTN 2021 Dimulai Hari Ini

SNMPTN : Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN) 2021 resmi dibuka mulai hari ini (Senin,15/2) hingga 24 Februari mendatang.

JAKARTA – Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN) 2021 resmi dibuka mulai hari ini (Senin,15/2) hingga 24 Februari mendatang.

Ketua Tim Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Prof Mohammad Nasih meminta para siswa untuk tidak menunda-nunda mendaftar seleksi nasional masuk perguruan tinggi ( SNMPTN) 2021. “Bagi yang sudah memenuhi persyaratan silakan mendaftar. Pendaftaran dimulai hari ini jam 3 sore,” kata Prof Nasih dalam Surat Edaran Nomor 05/SE.LTMPT/2021 tentang pembukaan pendaftaran SNMPTN 2021 yang dikutip dari jpnn.com.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, hari pertama traffic tinggi tetapi biasanya siswa belum banyak yang mendaftar. Mereka sekadar mencari tahu PTN dan program studi (prodi) mana yang membuka jalur SNMPTN. Para siswa ini rame-rame mendaftar menjelang penutupan. Hal inilah yang diwanti-wanti rektor Universitas Airlangga ini agar memanfaatkan jeda waktu 10 hari itu. Jangan sampai mendaftar jelang penutupan untuk mencegah traffic tinggi. “Baca dulu persyaratan dan tahapannya dengan cermat. Kalau sudah yakin silakan mendaftar,” ujarnya.

Dalam SE tertanggal 14 Februari 2021 itu, Nasih menjelaskan, siswa yang bisa mendaftar SNMPTN adalah yang sudah memiliki akun LTMPT secara permanen. Kemudian siswa yang dinyatakan eligible oleh sekolah, dan memiliki nilai yang lengkap di pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS). Tahapan pendaftaran SNMPTN sebagai berikut:
1. Siswa melakukan login di Portal LTMPT atau laman pendaftaran menggunakan akun LTMPT (alamat email dan password) yang telah teregistrasi.
2. Siswa mengisikan kelengkapan data orang tua pada halaman profil.
3. Siswa melakukan pendaftaran SNMPTN dengan mengisikan pilihan prodi yang dipilih pada halaman pilihan.
4. Siswa mengisikan portofolio pada halaman portofolio, jika prodi yang dipilih mensyaratkan adanya dokumen portofolio. Jika prodi yang dipilih tidak mensyaratkan adanya dokumen portofolio, maka tidak perlu diisikan.
5. Siswa mengisikan prestasi pada halaman prestasi. Isian prestasi pada halaman ini bersifat tidak wajib. Silakan isikan prestasi yang sesuai dengan bidang dan tingkat prestasi yang disyaratkan pada masing-masing pilihan di kolomnya.
6. Siswa melakukan finalisasi pada halaman finalisasi, jika semua isian data sudah diyakini kebenarannya. Setelah melakukan finalisasi, isian data tidak dapat dibatalkan dan tidak bisa diubah dengan alasan apapun.
7. Siswa mengunduh dan mencetak kartu registrasi. Pemilihan prodi disarankan tidak lintas minat. Tidak mendaftar menjelang jadwal penutupan atau pada hari terakhir pendaftaran. (esy/jpnn)