Hadirkan Soft Skill dan Pelatihan Success Skills 

unham
Llaunching program soft skill dan success skills, Jumat (20/8).

SELONG  – Untuk mencetak lulusan yang profesional dan berkompeten di bidangnya masing-masing, dunia pendidikan harus mengikuti perkembangan agar apa yang diberikan dalam proses pembelajaran sesuai dengan kebutuhan lapangan pekerjaan.

Guna meraih hal itu Universitas Hamzanwadi (UNHAM) terus melakukan berbagai terobosan dan inovasi. Terlebih ditengah pandemi yang melanda dunia yang berdampak pada semua sektor kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi (FISE) UNHAM Dr Muh Fahrurrozi mengatakan, telah melaunching kegiatan soft skill dan success skills Universitas Hamzanwadi yang berlangsung tanggal 16, 17 dan 18 Agustus 2021 lalu.

Dia menegaskan, dunia kerja tidak hanya memilih calon pekerja yang cakap dalam kemampuan akademik saja (hard skills), tetapi juga sangat memperhatikan nilai-nilai kecakapan lainnya.

“Diantaranya nilai kejujuran, tanggung jawab, sopan santun, disiplin, komitmen, rasa percaya diri, etika, kerjasama, kreativitas, komunikasi, dan kepemimpinan (soft skills),” ujar Fahrurrozi, Jumat (20/8).

Menurutnya, memiliki kemampuan hard skills yang tinggi tetapi tidak disertai dengan soft skills yang baik, maka akan menghasilkan sumber daya manusia dengan keterampilan kurang maksimal.

“Karena UNHAM melakukan berbagai inovasi dan terobosan agar lulusannya berkualitas sehingga mampu bersaing dan masuk dalam dunia kerja ditengah pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi,” paparnya.

Dia meyebutkan, catatan World Economic Forum, skill yang dibutuhkan dunia kerja pada tahun 2025 adalah Sukses skill, Creativity, Leadership, dan Entrepreneurship. Oleh karena itu UNHAM terus terus berikhtiar agar lulusannya bisa menjemput peluang kerja.

Sebagai instrumen yang dapat dipelajari, soft skills bagi individu akan membangun pengetahuan, pemahaman, kesadaran, dan akhirnya akan bertindak efektif dan terukur dalam setiap agenda hidupnya.

Peserta yang daftar pada berjumlah 220 peserta pada Googel Form, akan tetapi peserta yang mengikuti pelatihan dan pembukaan pada aplikasi zoom berjumlah 147 orang dan yang mengikuti pelatihan dari tanggal 16, 17 dan 18 berjumlah 120 peserta. Tetapi dalam prosesnya peserta hadir 100 orang. (luk)

BACA JUGA :  Dapat Hibah PKKM, Dosen UNHAM Ikuti Peningkatan Kapasitas