HAB Ke-71 Dipusatkan di MAN Sengkol

MERIAH: Inilah salah satu kontingen yang ikut jalan sehat dalam rangka memeriahkan HAB Kemenag ke 71 belum lama ini (SAPARUDIN/RADAR LOMBOK)

PRAYA– Hari ini, pelaksanaan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama (Kemenag) Lombok Tengah ke 71, dipusatkan di Madrasah Aliyah Negeri Sengkol Kecamatan Pujut.

Pegelaran acara tahunan ini, dalam rangka mensyukuri atas nikmat Allah yang telah sampai saat ini keberadaan kementerian agama masih eksis dalam menjalankan tugasnya dalam membimbing ummat. Ketua Panitia HAB Kemenag Loteng ke 71, Hasanuddin Al Wakani QH MM saat dikonfirmasi menyebutkan, perayaan HAB kali ini dipusatkan MAN Sengkol Kecamatan Pujut Loteng. Pelaksanaan kegiatan ini sengaja dilakukan di luar Kota Praya, mengingat tema yang di ambil berjudul “Bersih Melayani Ummat”.  “Biar singkron dengan judul, makanya kita mengadakan acara HAB ke 71 tahun ini di luar kota Praya, yakni di MAN Sengkol,” katanya, Rabu (4/1).

Selain tema lanjutnya, pelaksanaan HAB memang sengaja dilakukan secara bergiliran dimasing-masing madrasah, sedangkan tahun lalu dipusatkan di MAN 2 Praya Kecamatan Jonggat. Hasan menambahkan, dalam kegiatan ini bakal dihadiri oleh ribuan santri yang berasal dari masing-masing madrasah. Di mana masing-masing madrasah akan mengirimkan santrinya yang dipandu langsung oleh Kelompok Kerja Madrasah (KKM). “Hasil kesepakatan masing-masing KKM harus mengirimkan minimal 2 ribu,” paparnya.

[postingan number=3 tag=”HAB”]

Sementara itu, guna memeriahkan acara tersebut, juga akan diiringi dengan 10 drumband yang dimiliki oleh masing-masing madrasah, dan peragaan drunband ini masuk dalam penilaian atau dilombakan.

Sementara itu Azzuddin MPdI menyebutkan sebelum acara puncak sudah dilakukan berbagai macam lomba dan pertandingan, salah satunya lomba pidato 4 bahasa, debat bahasa Inggris, olimpiade dan beberapa lomba lainnya. Sedangkan untuk pertandingan sendiri, seperti tenis meja, bulutangkis, sepak takrow dan masih banyak lagi pertandingan lainnya. “Semua peserta hasil seleksi di tingkat KKM, sehingga dalam lomba dan pertandingan tersebut cukup ketat dan menegangkan,” tuturnya.

Diakhir acara nanti, juga kementerian akan membagikan beasiswa bagi siswa berprestasi sebanyak 10 orang, selanjutnya disambut dengan acara pemberian santuan kepada ratusan anak yatim piatu. (cr-ap/*)