Guru Harus Berkualitas

SOSIALISASI: Pengawas SD, Dikpora Kota Mataram , Hj Sahariawati menyampaikan sosialisasi di aula SDN 41 Mataram (Sudir/Radar Lombok)

MATARAM—Kalangan guru Sekolah Dasar (SD) Kecamatan Mataram yang tegabung dalam  Gugus Kecamatan Mataram diberikan sosialisasi Rancangan Kegiatan Sekolah (RKS). Mereka juga diberikan pemetaan mutu pendidikan, di aula SDN 41 Mataram, Jumat (16/9).

Pengawas  SD Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Mataram, Hj Sahariawati meminta, kalangan guru hendaknya terus meningkatkan kualitasnya. ‘’ Kualitas dari kalangan pendidik akan mampu menghasilkan peserta didik yang berkualitas pula,’’ katanya.

Sahariawati mengungkapkan,  karena ada keterbatasan sumber daya, maka kualitas komitmen seluruh stakeholder juga harus diperkuat. Jika komitmen dilakukan secara simultan, maka upaya mendongkrak prestasi bisa lebih mudah direalisasikan.

‘’Yang terpenting, persiapan itu dilakukan secara terprogram, terukur, dan terpantau. Program pengembangan kemampuan siswa harus terus dilakukan dan dievaluasi. Evaluasi ini penting untuk mengembangkan budaya kompetisi, sehingga siswa terpacu untuk belajar sebagai kebutuhan, bukan paksaan,” terangnya.

Ia melanjutkan, rata-rata hasil Ujian Sekolah (US) harus dimaknai sebagai permasalahan serius. Raihan nilai ini bisa menjadi media evaluasi peningkatan mutu. Karena itu, guru hendaknya harus membangun komitmen kolektif untuk mengevaluasi raihan nilai peserta didik.

Ia berharap, kalangan guru untuk terus mengembangkan kemampuan dan skil dalam metode pembelajaran.Langkah ini diperlukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. (dir)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut