Gunung Sari Juara Umum STQ

GIRI MENANG – Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke-24 tingkat Kabupaten Lombok Barat telah resmi ditutup dan Kecamatan Gunung Sari keluar sebagai juara umum dengan nilai tertinggi 37 poin. Baru kemudian disusul Kecamatan Lembar 24 poin dan Kecamatan Labuapi 22 poin. Kecamatan Kediri sebagai tuan rumah STQ meraih juara 4 dengan 7 poin.

Bupati Lombok Barat H. Zaini Arony menutup STQ. Pada kesempatan ini ia menyerahkan piala dan hadiah lain kepada para pemenang.” Kontingen yang berhasil menjadi yang terbaik tentunya saya juga atas nama Pemkab Lombok Barat menyampaikan ucapan selamat, belajarlah selalu jangan pernah puas dengan apa yang diraih hari ini,” demikian pesan bupati dalam sambutannya.

Fauzan menyampaikan, STQ merupakan wahana membina masyarakat yang qur'ani, sebagai media persatuan ummat sehingga masyarakat mau dan mampu mengamalkan nilai-nilai wahyu dalam kehidupan sehari-hari.” Mari nilai-nilai yang terkandung di STQ ini bisa kita implementasikan dalam kehidupan sehari-hari,” ungkap Fauzan.

Pembangunan daerah membutuhkan tiga aspek penting masing-masing fisik (infrastruktur), etika (karakter), dan estetika (keindahan). Lombok Barat sendiri jelasnya, dari sisi pembangunan infrastruktur terus dilakukan tiap tahun baik infrastruktur pendidikan, jalan, kesehatan dan layanan dasar lainnya.

Pembangunan fisik saja tidak cukup tanpa etika (karakter) masyarakat yang bersumber dari ajaran agama. “ tujuan STQ adalah membentuk karakter,” ungkap bupati yang juga ketua Korp Alumni HMI (KAHMI) Lombok Barat ini. 

Tanpa karakter, maka kerusakan akan terjadi. Sebab, kehidupan ini harus ada karakter yang baik agar mampu membuat daerah tetap kondusif dan tenang. Ia pun berharap STQ ini menjadi ajang persatuan.

STQ berlangsung dari tanggal 14 sampai 17 Mei dan diikuti 10 kafilah masing-masing kecamatan 23 peserta. Mata lomba yang dilombakan ada tiga yaitu Tilawah, Hifzil Qur’an golongan 1,5,20, dan 30 juz, tafsir Al-Qur’an untuk tingkat anak-anak, dewasa yang dibagi menjadi putra-putri. Sedangkan, lokasi perlombaan ada empat titik di sekitar Kediri.(flo)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid