Guntur Macan Gelar Debat Calon Kades

PILKADES: Penyampaian visi-misi Calon Kades Guntur Macan Kecamatan Gunung Sari Lombok Barat, Rabu kemarin (30/11) (ZULKIFLI/RADARLOMBOK)

GIRI MENANG-Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Guntur Macan Kecamatan Gunung Sari Lombok Barat (Lobar) melaksanakan penyampaian visi-misi oleh lima calon kades di Kantor Desa Guntur Macan Rabu kemarin (30/11).

Kegiatan yang berlangsung damai ini dihadiri puluhan anggota masyarakat serta para tamu undangan lainnya dari unsur Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Lobar, Kecamatan Gunung Sari serta Polsek Gunung Sari.

 Adapun lima calon kades yang menyampaikan visi-misinya ini antara lain Hanan dengan nomor urut 1 (petahana), Zaenuddin, S.Sos.I dengan nomor urut 2, H. Sarafuddin dengan nomor utur 3, H. Murni dengan nomor urut 4 dan Muh. Munir, S.Ag dengan nomor urut 5.

Penyampaian visi-misi ini sendiri tampaknya belum memuaskan sebagian kandidat, karena masing-masing hanya diberikan waktu sekitar 2 menit. Waktu dua menit ini kebanyakan habis hanya untuk salam sapa atau pembukaan oleh para kandidat, sehingga belum tuntas dibaca visi-misinya, waktu sudah habis.

BACA JUGA :  Fraksi Hanura Belum Serahkan Bakal Calon AKD

Kemudian setelah penyampaian visi-misi sendiri dilanjutkan pertanyaan dari para panelis. Panelisnya adalah dari BPMPD Lobar dan Kecamatan Gunung Sari. Kemudian warga juga diberikan kesempatan bertanya, dengan ketentuan satu dusun satu orang.

Sekretaris BPMPD Lombok Barat, H Makmun Mulyadin yang juga menjadi panelis sendiri berharap agar masing-masing calon kades memahami betul tugas dan fungsi kades itu sendiri di dalam menjalankan pemerintahan di desa. Selain itu juga diharapkan apabila nantinya sudah ditetapkan pemenang pada pemilihan 7 Desember 2016, baik yang kalah ataupun menang, bisa menerima dengan lapang dada. Sekaligus bisa menenangkan para pendukungnya. “Tugas kepala desa itu sudah diatur di dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa,” terangnya.

Seperti diketahui di dalam proses penyampaian visi-misi ini, terlebih dahulu juga dilakukan penandatanganan kesepakatan dari masing-masing calon kades untuk melaksanakan pilkades damai. Kemudian juga dilakukan penandatanganan kesepakatan menerima hasil pilkades nantinya. (zul)