Gubernur Resmikan Bank Panin Dubai Syariah Cabang Mataram

PERESMIAN: Gubernur NTB, TGH Muhammad Zainul Majdi bersama Direktur Utama PT Bank Panin Dubai Syariah, Deny Hendrawati dan Kepala OJK NTB, Yusri menggunting pita peresmian kantor Bank Panin Dubai Syariah Cabang Mataram, Rabu kemarin (21/12) (Lukmanul Hakim/Radar Lombok)

MATARAM– Gubernur Provinsi  Nusa Tenggara Barat, TGH Muhammad Zainul Majdi meresmikan Kantor Cabang Bank Panin Dubai Syari’ah di Mataram, Rabu kemarin (21/12).

Peresmian Bank Panin Dubai Syariah Cabang Mataram tersebut ditandai dengan pengguntingan pita oleh gubernur bersama Direktur Utama PT Bank Panin Dubai Syariah, Deny Hendrawati. Gubernur  juga didaulat untuk menandatangani prasasti Kantor Bank Panin Dubai Syariah Cabang Mataram tersebut.

Gubernur  mengatakan industri keuangan syari’ah di NTB bisa memberikan manfaat seluas-luasnya bagi masyarakat. Konsep keuangan dan ekonomi syariah sebagai sistem bukan sebagai monopoli Islam semata. Selain itu, sistem ekonomi syariah secara teologis dapat menjangkau semua agama sehingga bermakna sebagai rahmatan lil alamin. Konsep syariah itu juga dapat berkembang luas bahkan di negara-negara barat. “Semoga Bank Panin Dubai Syari’ah di Mataram memberikan kemanfaatan seluas-luasnya untuk rakyat,” ujarnya.

Gubernur  berharap agar keberadaan industri keuangan syariah di Provinsi NTB dapat menciptakan aturan main yang lebih fair. Termasuk memberikan dampak positif terhadap perkembangan ekonomi NTB ke depannya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Panin Dubai Syariah, Deny Hendrawati menjelaskan bahwa Bank Panin Dubai Syariah merupakan satu-satunya Bank Syari’ah yang sudah go publik dengan mendaftarkan sahamnya di Bursa Efect Indonesia (BEI). Selain itu, Panin Dubai Syari’ah di Mataram merupakan yang ke-21 di Indonesia.

Bahkan, kedepannya, Panin Dubai Syariah juga ingin go internasional mengingat perkembangannya yang semakin pesat. Sejak Agustus 2016 Bank Panin berpartner dengan investor Dubai yang memiliki aset hingga Rp 630 Triliun. Adapun kepemilikan saham dalam PT Panin Dubai Syariah terbagi 52 persen untuk Panin dan 39,5 persen dimiliki Dubai.

Kantor cabang Bank Panin Dubai Syariah di Mataram, menurut Deny, merupakan wujud nyata dalam mendukung perkembangan perbankan syariah di Indonesia. Pembukaan kantor cabang Bank Panin Dubai Syariah di Mataram ini dilakukan setelah dikeluarkannya izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) .

BACA JUGA :  Konversi Bank NTB Jadi Syariah Butuh Kajian

Hendrawati berjanji akan memperluas jaringan Bank Panin Dubai Syariah di Indonesia untuk menjangkau basis nasabah yang lebih luas sesuai rencana bisnis bank pada tahun 2016/2017. Untuk bisnis, Bank Panin Dubai Syariah menerima setoran ibadah haji, pendampingan UMKM, sebagai bank simpanan pelajar pesantren hingga lembaga penerima syariah wakaf uang.

Dia menilai NTB sebagai daerah yang perekonomiannya terus berkembang dengan banyak prestasi. Kehadirannya di Mataram untuk melayani masyarakat dengan produk perbankan syariah baik dari sisi pembiayaan maupun dari pendanaan.

“Kami berharap dukungan untuk perkembangan Bank Panin Dubai Syariah di NTB,” pungkasnya.

Kegiatan peresmian Bank Panin Dubai Syariah Cabang Mataram itu juga dihadiri Komisaris Panin Dubai Syariah, Jasman Ginting, Deputy Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTB, Wahyu Yuana Hidayat, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) NTB, Yusri, Kepala Kantor Kementerian Agama NTB, H.Sulaiman Hamid, Ketua MUI NTB, Prof. Dr. H Syaiful Muslim, Ketua MUI Kota Mataram TGH. Teguh Muhtar, dan Hj Baiq Evi Ganevia.

Selain itu, kegiatan itu juga dihadiri Direktur Pengembangan Objek Vital Polda NTB Kombes Eko Waluyo dan Ketua Komisi V DPRD NTB, Dra.Hj.Warti’ah, serta sejumlah undangan dari perbankan di NTB. Grand Opening Panin Dubai Syariah, PT Panin Dubai Syari’ah memberikan santunan kepada yayasan anak yatim piatu Subulussalam sekaligus menyerahkan cindera mata kepada mitra usaha yang membantu menyosialisasikan Panin Dubai Syariah di Mataram. (luk/adv)