Gubernur NTB Minta Kebersihan Rinjani Dijaga

Gunung Rinjani
PELAWANGAN SEMBALUN: Para pendaki Gunung Rinjani terlihat mendirikan camp (kemah) di Pelawangan Sembalun, menunggu waktu yang tepat, biasanya pada dini hari untuk melanjutkan perjalanan menuju ke puncak Gunung Rinjani dengan ketinggian 3726 meter. (SIGIT SETYO LELONO/RADAR LOMBOK)

MATARAMGubernur NTB TGB KH M Zainul Majdi mengucap syukur dan bahagia menyambut penetapan Geopark Rinjani sebagai anggota baru Unesco Global Geopark (UGG).

BACA : Rinjani Resmi Masuk Geopark Dunia

Ucapan ini disampaikan gubernur mengingat lamanya perjuangan menjadi Gunung Rinjani masuk sebagai geopark dunia. Karenanya, langkah terpenting yang harus menjadi perhatian utama untuk menyambut prestasi tersebut, yaitu melakukan pembenahan. “Terima kasih kepada seluruh masyarakat NTB yang telah memberikan banyak dukungan. Selanjutnya salah satu tugas utama kita memastikan kualitas lingkungan, jaga kebersihan Gunung Rinjani,” ujar gubernur, Senin kemarin (16/4).

Menurut orang nomor satu di NTB ini, Gunung Rinjani sebagai geopark dunia merupakan potensi besar untuk bisa lebih memajukan daerah. Jangan sampai, persoalan klasik seperti sampah dan rendahnya kualitas lingkungan masih menjadi keluhan wisatawan. Kepada seluruh masyarakat NTB dan pengunjung dari manapun, gubernur menghimbau untuk menjaga kualitas lingkungan. Terutama pada titik-titik yang menjadi pisat keramaian wisatawan. “Malu kita kalau isu kebersihan masih ada, jangan sampai lah,” ucapnya.

Gubernur juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga kehormatan dan nama baik daerah. Salah satu caranya, dengan tidak mengotori kawasan Geopark Rinjani. “Ayo kita bangun daerah kita, jaga kehormatan dengan tidak merusak daerah,” imbuhnya.

Untuk membuat wisatawan atau pengunjung semakin nyaman ke Geopark Rinjani, gubernur memastikan berbagai sarana dan prasarana akan dilengkapi. Termasuk di daerah-daerah penyokong, fasilitas umum harus tersedia dengan baik.

Ditetapkannya Rinjani sebagai geopark dunia, disadari tidak akan berpengaruh langsung saat itu juga. Namun dipastikan, wisatawan akan semakin banyak berdatangan. “Yang namanya Global Geopark itu pengakuan, dampaknya memang tidak langsung orang akan ramai datang saat itu juga. Tapi yang pasti potensi daerah bertambah, wisatawan akan semakin banyak datang, tenaga kerja banyak terserap, industri kreatif bisa lebih berkembang,” terangnya.

1
2
Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut