Grand Opening Kantor Biro Travel Haji dan Umrah Darul Abidin Cabang Lombok

Al-Habib Muhammad bin Salim Alkaff: Dari 10 Jamaah Berangkat, Ada 3 Jamaah Berangkat Gratis

KANTOR CABANG: Owner Biro Travel Haji dan Umrah Darul Abidin Cabang Lombok, Al-Habib Muhammad bin Salim Alkaff, foto bersama perwakilan Kemenag Lobar, H Eko, dan Mantan Direktur Teknik PDAM Giri Menang, HM Yusuf, ST, usai grand opening Kantor Biro Travel Haji dan Umrah Darul Abidin Cabang Lombok, Sabtu (22/8/2020). (sigit setyo/radarlombok.co.id)

GIRI MENANG—Sebagai daerah dengan mayoritas pemeluk agama Islam, di Provinsi NTB tentu saja banyak berdiri usaha biro travel haji dan umrah. Salah satunya yakni Biro Travel Haji dan Umrah Darul Abidin, yang Sabtu kemarin (22/8/2020), meresmikan kantor cabangnya di Jalan Pariwisata Sandik, tepatnya di Komplek Pertokoan Graha Sandik, Nomor 2, Sandik, Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat (Lobar).

“Keberadaan Kantor Cabang Biro Travel Haji dan Umrah Darul Abidin di NTB ini, khususnya di Lombok, adalah untuk membantu memudahkan para jamaah calon haji maupun umrah. Karena seperti yang kita ketahui, kalau melalui jalur pemberangkatan normal, membutuhkan waktu yang sangat lama, 30-an tahun baru bisa berangkat haji,” kata owner atau pemilik Biro Travel Haji dan Umrah Darul Abidin Cabang Lombok, Al-Habib Muhammad bin Salim Alkaff.

Tentu juga adanya Kantor Biro Travel Haji dan Umrah Darul Abidin ini di Lombok, lanjut Habib Muhammad, sekaligus sebagai bukti bahwa biro jasanya adalah resmi, dan mendapat kepercayaan masyarakat, serta pemerintah (Kemenag).

“Jadi para jamaah jangan ragu-ragu lagi menggunakan jasa kami. Karena selama empat tahun keberadaan Biro Travel Haji dan Umrah Darul Abidin, sejak tahun 2015. Alhamdulillah sebanyak 500 jamaah umrah dan 200 jamaah haji plus yang menggunakan jasa kami, semua telah berangkat dengan sukses tanpa hambatan,” tutur Habib Muhammad.

Untuk diketahui sambungnya, Biro Travel Haji dan Umrah Darul Abidin memiliki Kantor Pusat di Makasar, Provinsi Sulawesi Selatan, dan telah membuka Kantor Cabang di Jakarta (Tebet), Palembang (Lubuk Linggau), Jambi, dan kini di Lombok (Sandik).

“Terpenting, bagaimana kehadiran kami ini bisa membawa manfaat sebanyaknya untuk umat Islam, khususnya para jamaah haji dan umrah. Sehingga untuk 10 jamaah yang menggunakan jasa travel kami, maka kita juga akan memberangkatkan 3 jamaah gratis. Jadi bukan melulu soal keuntungan, tetapi kami kembalikan lagi sebagian keuntungan kita itu sebagai jalan ibadah perusahaan kami,” ucap Habib Muhammad.

Tentu tiga jamaah yang diberangkatkan gratis ini adalah yang memang telah memenuhi kriteria yang diterapkan perusahaan. Seperti para jamaah yang benar-benar tidak mampu, namun memiliki keinginan (niat) kuat untuk ibadah haji/umrah, para hafiz (penghapal) Al-Quran, hingga ulama. “Jujur saja, dengan memberangkatkan mereka gratis, kami berharap berkahnya untuk usaha travel kami ini. Juga menjalankan amanat para pendahulu kami, yang juga ayah saya, Al-Mukaramah pendiri Yayasan Ponpes Darul Abidin di Makasar,” jelas Habib Muhammad.

Lantas, berapa biaya haji plus dan umrah? “Sejak ditutup Pemerintah Arab Saudi karena pandemi corona, jamaah kami di Lombok yang tertunda keberangkatannya hingga Maret lalu, ada 30 jamaah, dan kini bertambah 6 jamaah lagi, sehingga berjumlah 36 jamaah. Inshaa Allah, tahun 2021 kalau telah dibuka, mereka akan berangkat,” terang pria ramah yang juga anak kolong (tentara) ini.

Kemudian soal biaya lanjutnya, untuk rencana keberangkatan antara Januari – Desember 2021, ada paket promo umrah, atau penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU) dengan biaya mulai dari Rp 24 jutaan. Sementara untuk paket haji plus, atau penyelenggara perjalanan ibadah haji khusus (PPIHK), biaya yang dikenakan kepada jamaah calon haji sebesar 11.500 US Dolar, atau Rp 172.500.000, dengan kurs Rp 15.000 per 1 US Dolar.

“Kalau biro travel haji dan umrah lain biayanya antara Rp 25 juta – Rp 30 juta, menawakan rute perjalanan (ibadah) Mekah-Madinah, bonus ziarah tempat bersejarah Islam, lalu pulang. Maka kami di Biro Travel Haji dan Umrah Darul Abidin, mengajak kaum muslimin/muslimat merasakan sensasi umrah/haji dengan rute Mekah-Madinah-Ziarah sejarah Islam, plus mengunjungi para ulama yang masih hidup,” ujar Habib Muhammad.

Tak hanya itu, sebelum kebarangkatan beribadah ke tanah suci, ketika masih di tanah air, para jamaah dari titik kumpul di Surabaya, Jawa Timur, juga akan diajak ziarah Makam Wali Songo selama perjalanan menuju ke Jakarta. “Ada lima makam wali di Jawa yang akan kita ziarahi selama perjalanan bus dari Surabaya-Jakarta, mulai dari Makam Sunan Ampel, Habib Muhammad bin Idrus Al Habsyi, Boto Putih, Maulana Malik Ibrahim, Sunan Giri, hingga Makam Sunan Drajat Paciran,” ulas Habib Muhammad.

Sementara itu, H Eko, perwakilan dari Kemenag Lobar, dalam sambutan mengapresiasi berdirinya Kantor Cabang Biro Travel Haji dan Umrah Darul Abidin di Sandik, Lobar. “Betul, kalau para jamaah calon haji mendaftar sekarang, maka waiting list (daftar tunggu) keberangkatan bisa mencapai 33 tahun. Karena itu, keberadaan biro travel haji dan umrah seperti Biro Travel Haji dan Umrah Darul Abidin ini jelas sangat membantu pemerintah untuk mengurangi daftar tunggu, atau mempercepat keberangkatan jamaah,” bebernya.

“Yang perlu diingat para jamaah calon haji/umrah dalam memilih biro jasa travel. Tetap berpatokan kepada “Lima Pasti” sesuai surat edaran pemerintah (Kemenag), yaitu, pertama travel umrah Pasti dan berizin resmi, ke dua Pasti jadwal keberangkatannya, ke tiga tiket keberangkatan Pasti, ke empat hotel dan akomodasinya Pasti, dan ke lima visa dan dokumennya Pasti. Alhamdulillah, sejak awal Biro Travel Haji dan Umrah Darul Abidin ini telah memenuhi kriteria tersebut. Apalagi sekarang sudah ada kantor cabangnya di Lombok, kian menambah kepastian masyarakat,” ucap Eko.

Sedangkan Mantan Direktur Teknik PDAM Giri Menang, HM Yusuf, ST, dalam testimoninya juga mengapresiasi keberadaan Kantor Cabang Biro Travel Haji dan Umrah Darul Abidin di NTB, atau di Lombok khususnya, karena dapat memudahkan para jamaah calon haji maupun umrah yang hendak melaksanakan ibadah haji/umrah.

“Alhamdulillah, seumur hidup saya ini telah mendapatkan anugerah menjalankan ibadah umrah sebanyak tujuh kali. Jadi banyak pengalaman perjalanan ibadah umrah yang saya peroleh, melalui berbagai travel yang saya ikuti. Intinya, benar kata perwakilan Kemenag Lobar tadi, pilihlah travel yang terpercaya dan sudah pasti-pasti saja. Seperti Biro Travel Haji dan Umrah Darul Abidin ini lah contohnya, yang sudah memiliki kepastian rute perjalanan dan pesawat yang digunakan, karena travel ini juga anggota ASITA,” pungkas Yusuf. (gt)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Berita sebelumyaSengketa Lahan KEK Mandalika, Kasasi Muslihuddin Ditolak
Berita berikutnya14 Positif Baru, Dua Meninggal