Gowes Bareng Jelajahi Batas Kota

MATARAM – Masih dalam rangka menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI ke-71 dan HUT Kota Mataram ke 23, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Mataram menginisiasi kegiatan sepeda santai bertajuk “Jelajah Mataram Tapal Batas 2016” yang mengambil tempat di Taman Air Loang Baloq, Sabtu (27/8). Kegiatan ini diikuti ribuan pecinta sepeda yang tidak hanya berasal dari Kota Mataram, melainkan juga datang dari kabupaten lain.

Ketua panitia, Mansur, menjelaskan, Jelajah MTB dihajatkan selain untuk memeriahkan HUT kemerdekaan RI, juga dalam rangka memeriahkan HUT Kota Mataram. Kegiatan ini adalah salah salah satu bentuk sosialisasi pembangunan Kota Mataram. Lewat gowes bareng, peserta bisa melihat perkembangan infrastruktur Kota Mataram.

KONI memandang perlu menggelar kegiatan ini untuk memberikan pendidikan kepada masyarakat. Selain berolahraga, peserta diajak peduli lingkungan lewat lomba mengumpulkan sampah. Sampah ditimbang di Bank Sampah di Lingkungan Kebon Talo. Tiga pengumpul sampah terbanyak  mendapatkan hadiah.

Ada juga lomba foto diri (selfie) di titik-titik tertentu jalur bersepeda. Lomba ini bertujuan untuk mendorong masyarakat mencintai kotanya dengan berswafoto di lokasi yang dianggap menarik.

Sementara itu Ketua KONI Kota Mataram H. Mohan Roliskana dalam sambutannya mengaku bangga dengan para peserta. Event ini baru pertama dilaksanakan di Kota Mataram. “ Jika umumnya masyarakat mengikuti kegiatan bersepeda hanya menyusuri jalan beraspal, kali ini peserta ditantang untuk menyusuri batas kota melewati areal pemukiman penduduk,” ungkapnya.

Mohan berharap masyarakat mengetahui wilayah-wilayah yang jarang dilewati ataupun dilihat secara langsung. Mohan berharap agar event ini dapat menjadi suasana baru dalam kegiatan olahraga.

Jelajah MTB juga diikuti oleh “goweser” dari Polres Kota Mataram yang dipimpin langsung Kapolres dan Wakapolres. Rute yang dilalui sepanjang 23 kilometer dengan waktu tempuh 1,5 jam.(ami)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid