Golkar Lotim Usulkan Daeng Paelori

Hasan Rahman (Yan/Radar Lombok)

MATARAM—DPD Partai Golkar Lombok Timur (Lotim) sudah mengusulkan dan mengajukan Daeng Paelori sebagai bakal calon Bupati di Pilkada Lotim 2018 dari partai berlambang pohon beringin tersebut.

“Dalam rapat pleno Golkar Lotim sudah disepakati mengusulkan Pak Ketua (Daeng Paelori) sebagai calon bupati,” kata Sekretaris DPD Partai Golkar Lotim, Lalu Hasan Rahman, di Mataram, Rabu kemarin (29/3).

Usulan dan rekomendasi tersebut sudah disampaikan kepada DPD Partai Golkar Provinsi NTB. Selanjutnya nanti, kata Hasan Rahman, DPD Partai Golkar Provinsi NTB akan memproses dan menelaah usulan tersebut sesuai dengan mekanisme dan ketentuan berlaku di internal Partai Golkar dalam penjaringan bakal calon kepala daerah.

[postingan number=3 tag=”golkar”]

Misalnya, dilakukan survei internal untuk mengetahui tingkat elaktabilitas, popularitas dan kans kandidat untuk memenangkan suksesi di Pilkada NTB. “Proses politik sekarang ada di DPD I,” ungkap anggota komisi I DPRD Lombok Timur tersebut.

Ia menegaskan, dengan raihan 5 kursi di DPRD kabupaten Lotim dinilai modal dasar kuat bagi partai berlambang pohon beringin tersebut dalam mendukung dan mengusung kader terbaik di pilkada Lotim 2018.

Kendati Golkar Lotim dalam rapat pleno sudah mengusulkan dan merekomendasikan Daeng Paelori sebagai bacabup bukan harga mati. Pasalnya, itu akan disesuaikan dengan hasil survei dan komunikasi politik di antara parpol mitra koalisi.

“Apakah Pak Daeng Paelori jadi nomor satu atau nomor dua kita lihat perkembangan komunikasi politiknya,” papar pria asal Masbagik tersebut.

Walaupun begitu, ia mengatakan, konstalasi maupun konfigurasi koalisi pilkada Lotim sangat ditentukan dari situasi dan perkembangan dinamika politik di pilkada NTB.

Karena itu, komunikasi politik maupun penjajakan koalisi di Pilkada Lotim lebih banyak dilakukan Partai Golkar NTB. Pasalnya, sesuai arahan dari DPP Partai Golkar diharapkan koalisi terbangun di pilkada serentak 2018 di NTB paralel atau sejajar. Baik di Pilkada NTB dan Pilkada kabupaten kota.

“Kita di Golkar lebih fokus kepada konsolidasi dan memperkuat internal,” imbuhnya.

Karena itu, dalam waktu dekat ini DPD Partai Golkar Lotim akan melaksanakan Rakerda. Selain untuk menyusun program kerja juga untuk makin memperkuat konsolidasi dan koordinasi di internal Partai Golkar Lotim. Terlebih, Partai Golkar Lotim segera menghadapi kontestasi di Pilkada Lotim dan Pilkada NTB.

Sekretaris DPD Partai Golkar NTB, Baiq Isvie Rupaedah membenarkan bahwa pihaknya sudah menerima usulan dan rekomendasi  Daeng Paelori dari Golkar Lotim sebagai bacabup Lotim.

“Usulan itu kita proses sesuai aturan,” ungkap Ketua DPRD Provinsi NTB itu.

Namun hal itu sangat tergantung dari hasil survei. Hasil survei tersebut akan menjadi acuan dan pedoman bagi Partai Golkar dalam memutuskan dan menetapkan calon kepala daerah diusung di Pilkada kabupaten kota. Bacabup atau bacawali diusulkan akan diteruskan kepada DPP untuk dimintakan rekomendasi dan persetujuan. Namun koalisi akan terbangun di pilkada NTB sangat menentukan konstalasi koalisi di pilkada kabupaten kota. (yan)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid