Global Hub, Kurtubi Sarankan Pembangunan Pembangkit Nuklir

TANJUNG-Anggota Komisi VII (Energi) DPR RI, Kurtubi, menyarankan agar dilakukan pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir untuk menyambut keberadaan global hub atau pelabuhan internasional dan kilang minyak yang akan dibangun di Kabupaten Lombok Utara (KLU).

Menurut Kurtubi, nuklir adalah jawabannya, karena seperti diketahui, daya listrik di NTB khususnya Lombok saat ini buruk, pemadaman sering kali terjadi. Oleh karenanya, nuklir menjadi salah satu jawaban. Karena tanpa ketersediaan listrik yang cukup, investasi sulit untuk masuk di global hub. “Kita butuh persediaan listrik yang cukup. Makanya untuk global hub ini saya sarankan untuk membangun pembangkit listrik tenaga nuklir dengan kapasitasn 500 MW, jauh 10 kali lipat dari pada yang di Jeranjang itu,” terangnya di sela-sela peresmia Balai Bio Industri Laut (BBIL) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di Teluk Kodek Desa Malaka Kecamatan Pemenang KLU.

Sebagai contoh saja kata Kurtubi di Malaysia. Investasi di Malaysia, jauh berkembang, karena ketersediaan listrik sangat mencukupi. Kemudian faktanya, banyak warga NTB, dari Lombok, Sumbawa, Bima dan Dompu mencari kerja di Malaysia. “Saya kira nuklir ini bisa dibangun di salah satu pulau di Lombok ini, kita jangan mau dibodohi dengan kata berbahaya nuklir itu,” terangnya.

Menurut Kurtubi, saat ini ilmu pengetahuan dan tekonologi tentang sistem keamanan nuklir sangat jauh berkembang dan sangat maju. Sehingga dampak dari nuklir itu sendiri bisa diatasi. “Saya berharap agar NTB ini bisa menjadi pelopor pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir, khususnya untuk persiapan pembangunan global hub,” terangnya. (zul)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid