Global Hub Jadi Prioritas Djohan-Danny

Djohan Sjamsu (HERY MAHARDIKA/RADAR LOMBOK)

TANJUNG–Pembangunan Global Hub di Kecamatan Kayangan akan kembali digaungkan oleh Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lombok Utara (KLU) Djohan Sjamsu dan Danny Karter Febrianto Ridawan. Pasalnya, megaproyek itu akan mampu menghidupkan perekonomian KLU di masa depan. “Global Hub, dulu itu sudah masuk dalam kawasan strategis nasional dan saya ingat waktu itu sudah dua kali bertemu dengan Presiden bersama Gubernur dan Ketua Dewan kala itu,” ungkap Bupati KLU Djohan Sjamsu saat jumpa pers, Rabu (3/3).

Pada proyek yang diinisiasi bersama dengan pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten beserta PT Bandar Kayangan itu, rencananya akan dibangun kilang minyak, pelabuhan kapal barang berukuran besar, dan perumahan rakyat. “Yang terpenting dalam aktivitas ekonomi skala besar tetap memprioritaskan masyarakat Lombok Utara sebagai pekerja. Jika tidak ada, baru mencari ke luar Lombok Utara,” harapnya.

Adapun untuk progres saat ini diakui sudah ada investor dari Amerika dan Eropa yang tertarik. “Segera kita melakukan pertemuan dalam waktu dekat ini,” katanya.

Menurutnya, kebutuhan lahan yang luas dengan geografis KLU yang sempit akan menjadi kajian bersama supaya kawasan strategis nasional itu benar-benar teratur sesuai geografis yang ada. Dan untuk memastikan pembebasan lahan, para investor itu akan datang tahun ini.

Apapun kegiatan ekonomi skala besar yang akan berlangsung lanjutnya, tetap ditekankan bagaimana masyarakat KLU bisa bekerja di sana nanti; bukan hanya sebagai penonton.

Selain itu nanti akan dibangun pembangkit listrik 400 Megawatt di wilayah timur dan itu akan memberdayakan masyarakat setempat. “Yang terpenting dalam aktivitas ekonomi skala besar tetap memprioritaskan masyarakat Lombok Utara sebagai pekerja. Jika tidak ada, baru mencari ke luar Lombok Utara,” harapnya. (flo)

BACA JUGA :  Bertemu Gubernur NTB, Pemerintah Rusia Jajaki Investasi Global Hub di Lombok Utara