Giliran TKA China Diperiksa Imigrasi

Romi Yudianto (Ali Ma'shum/Radar Lombok)

MATARAM—Kantor Imigrasi Kelas I Mataram terus mengembangkan keterangan terkait dengan 12 Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China yang paspornya disita  saat sidak di Labuhan Haji Lombok Timur  beberapa waktu lalu.

Setelah memeriksa pihak sponsor atau perusahaan yang mendatangkan 12 pekerja asing itu, giliran TKA asal China itu yang dimintai keterangannya oleh Imigrasi. ‘’ Hari ini (kemarin, red) pekerja asal China ini yang kita mintai keterangannya. Sesuai rencana, mereka  diperiksa Jumat siang,’’ ujar Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Mataram Romi Yudianto  Jumat kemarin (6/1).

Dikatakannya, tidak semua pekerja asal China tersebut yang akan dimintai keterangannya. Pemeriksaan dilakukan petugas secara bertahap. ‘’ Tidak langsung semuanya yang kita periksa. Namun secara bertahap. Untuk hari ini, kita akan periksa tiga orang dulu,’’ terangnya. Pemeriksaan kata dilakukan langsung di kantor Imigrasi.

[postingan number=3 tag=”imigrasi”]

Ia juga memastikan, sebelumnya sudah melakukan pemeriksaan terhadap pihak sponsor yang mendatangkan 12 pekerja China ini. Sponsor yang diperiksa ini adalah dari PT Pelayaran Sanley NTB. Pemeriksaan dilakukan terhadap dua orang pejabat di perusahaan tersebut. Namun dirinya tidak menyebutkan jabatan dari pihak sponsor yang diperiksa itu. ‘’ Yang jelas ada dua orang dari perusahaan sponsor itu yang kita mintai keterangannya. Keduanya sudah datang dan kita mintai keterangannya kemarin (Kamis 5/1, red),’’ ungkapnya.

Saat ini, keterangan dari pihak sponsor ini sedang didalami oleh petugas. Ia juga mengaku tidak menutup kemungkinan akan memeriksa kembali pihak sponsor itu kedepannya. ‘’ Kalau memang diperlukan kenapa tidak. Keterangan yang sudah diberikan akan kita dalami dulu. Kalau jabatannya saya lupa. Untuk saat ini kita akan meminta keterangan sebanyak-banyaknya dulu,’’ kata Romi memungkasi.(gal)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut