Giliran ASN Bakal Dites Urine

H Muhammad (HERY MAHARDIKA/RADAR LOMBOK)

TANJUNG – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bangkespol) Lombok Utara memastikan, bahwa pada pertengahan tahun ini bakal menyasara aparatur sipil negara (ASN) yang dites urine.

Hal ini perlu dilakukan agar para pejabat pemangku amanah bebas dari narkoba sehingga bisa melaksanakan penyelenggaraan pemerintah dengan baik dan bisa menjadi contoh di tengah masyarakat.  “Pada tahun ini, kita akan menyasar ASN untuk melaksanakan tes urine. Karena, yang sudah melaksanan tes urine baru separuhnya,” terang Kepala Bangkespol Lombok Utara, H Muhammad kepada Radar Lombok, Kamis (19/1).

Pelaksanaan tes urine ini pihaknya masih merahasiakan jadwalnya, namun yang jelas sesuai pelaksanaan anggaran biasanya dilaksanakan pada pertengahan tahun. Terkait cara pelaksanaan pihaknya akan mengumpulkan seluruh ASN pada saat acara tertentu. “Termasuk juga kita harapkan bapak-bapak dewan yang terhormat bisa mengikuti tes urine nantinya,” tandasnya.

[postingan number=3 tag=”tes”]

Dengan jumlah pegawai yang ada di Lombok Utara mencapai 2 ribu lebih. Maka pelaksanaan tes urine ini akan diselenggarakan secara bertahap, sebab jika melaksanakan seluruhnya membutuhkan anggaran cukup besar. Dalam satu kali untuk pembeliaan alat tes itu saja seharga Rp 300 ribu per orang. “Makanya kita akan bertahap,” jelasnya.

Untuk tahun kemarin, pihaknya sudah melaksanakan tes urine kepada seluruh kepala desa. Dan tahun ini sebagian ASN sekitar 50-100 orang sesuai pengalokasian anggaran yang ada di pagu Bangkespol. Pelaksanaan tes urine ini bukan berarti mencari kesalahan atau kebenaran ASN. Akan tetapi bagaimana bisa mendukung visi-misi pemerintahan saat ini agar seluruh pemangku amanah (ASN) harus bebas narkoba, asusila, pungli.

“Semua harus ikut tes urine dalam rangka menunjukan integritas. Dan pelaksaaan ini bukan semata-mata untuk mencari salah benar, melainkan mewujudkan pemangku amanah yang bertanggung jawab dan bisa jujur dalam diri sendiri,” tegasnya.

Dalam pelaksaan tes urin, nanti pihaknya akan melibatkan pihak Dinas Kesehatan, aparat keamanan baik kepolisian, Sat Pol PP, dan TNI. Kedepan, pihaknya berharap setiap SKPD bisa menganggarkannya. (flo)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut