Giant Ekstra Gegutu Serap 70 Produk Lokal UMKM

MATARAM—PT Hero Supermarket Tbk terus memperluas jaringan bisnisnya diwilayah Kota Mataram, dengan kembali membuka gerainya, Giant Ekstra. Keberadaan gerai baru Giant Ekstra di Gegutu, tepatnya di Jalan Bung Hatta, Kelurahan Karang Baru, Kecamatan Selaparang tersebut diresmikan langsung oleh Walikota Mataram, H. Ahyar Abduh, yang ditandai pemotongan pita, Senin pagi (1/8).

Gerai kedua Giant di kota Mataram itu juga telah merekrut 170 tenaga kerja, yang 80 persen diantaranya berasal dari Kota Mataram. Menariknya lagi, pasar modern tersebut memberi kesempatan luas terhadap produk lokal dari usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang ada di Pulau Lombok, khususnya dari Kota Mataram.

Seperti disampaikan Direktur Legal PT Hero Supermarket Tbk, Hadrianus Wahyu Trikusumo, saat ini di gerai Giant Ekstra Gegutu telah menerima 70 produk lokal dari UMKM di Pulau Lombok. Dari 70 produk lokal UMKM yang diberikan kesempatan di display di gerai Giant Ekstra Gegutu, sebanyak 16 produk UMKM merupakan binaan dari Diskoperindag Kota Mataram.

“Kami kerjasama dengan UMKM untuk menerima produk lokal. Sekarang ini baru 70 produk UMKM, dan selanjutnya akan terus bertambah produk lokal di Giant Esktra Gegutu,” kata Wahyu dihadapan Walikota Mataram, H Ahyar Abduh dan sejumlah pejabat lingkup Kota Mataram, serta undangan lainnya.

Berbeda jauh dengan ritel modern yang menjamur di setiap kelurahan/desa di Provinsi NTB, peluang produk UMKM masuk sangat tipis, dengan diberlakukannya tarif listing fee hingga Rp 5 jutaan. Namun di Giant Ekstra Gegutu, justeru memberikan keringanan dari segi biaya, dan juga memberikan kemudahan produk lokal dari UMKM untuk masuk di supermarket tersebut.

Walikota Mataram, H Ahyar Abduh didampingi sang istri, Hj Suryani Ahyar Abduh terlihat bangga dengan banyaknya produk UMKM lokal yang diberi kesempatan dan diberikan space cukup besar dan representatif tersebut. Sehingga cepat dilihat oleh konsumen yang berbelanja di Giant Ekstra Gegutu.

Sebelumnya, Ahyar Abduh dalam sambutan mengingatkan manajemen Giant Ekstra Gegutu, selain membuka peluang kerja bagi warga Kota Mataram juga penting untuk memperhatikan program kemasyarakatan lainnya seperti tanggungjawab sosial melalui program corporate social responsibility (CSR) bagi masyarakat yang ada di lingkungan gerai. “Program CSR juga harus menjadi perhatian perusahaan,” tegasnya.

Kesempatan itu, sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan, melalui Hero Peduli, Hero Group juga memberikan bantuan dana beasiswa kepada siswa SDN 30 Mataram, dan bantuan makanan tambahan untuk Posyandu di Kelurahan Karang Baru, peralatan kebersihan dan dana bantuan kegiatan masyarakat bagi warga Kelurahan Rembiga, serta bantuan peralatan kebersihan dan dana operasional PAUD dan TPA untuk Kelurahan Monjok. (luk)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid